Tarif Cukai Naik, Sampoerna Bimbang Naikkan Harga Rokok

    Dian Ihsan Siregar - 03 Oktober 2016 15:37 WIB
    Tarif Cukai Naik, Sampoerna Bimbang Naikkan Harga Rokok
    Seorang buruh sedang menjemur tembakau. (FOTO: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
    medcom.id, Jakarta: Pemerintah menaikkan cukai rokok rata-rata sebesar 10,54 persen. Sedangkan kenaikan harga jual rokok eceran sebesar 12,26 persen.

    Baca: Pemerintah Naikkan Tarif Cukai Rokok di 2017

    Salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), mengaku belum bisa menentukan besar kenaikan harga jual rokok produksi perseroan.

    "Belum bisa dianalisa karena tarif detailnya belum muncul, harga banderolnya belum muncul. Jadi kita tunggu sampai angka keluar karena struktur cukai cukup kompleks. Ada 12 strata, kita tunggu sampai angka keluar banderolnya berapa baru kita bisa lebih," jelas Member of Board Directors HM Sampoerna Yos Adiguna Ginting, ditemui ‎di Gedung BEI‎, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin (3/10/2016).

    Yos meminta pemerintah berhati-hati dalam menaikkan harga cukai rokok. Karena dampaknya cukup signifikan bagi perekonomian negara. Apalagi penerimaan negara dari cukai rokok terbilang sangat besar.

    "Secara umum sektor ini sektor penting buat Indonesia, baik penerimaan negara maupun penyerapan tenaga kerja. Maka perlu perhatian yang besar," tegas Yos.

    Situasi saat ini sangat sulit. Tren industri rokok nasional mengalami penurunan. Ini, kata Yos, menjadi peringatan bagi pemerintah untuk menjaga industri rokok.‎

    Yos menambahkan, kenaikan cukai rokok diprediksi akan memunculkan rokok-rokok ilegal. Hal itu sempat disampaikan melalui riset dari berbagai universitas, salah satunya dari ‎Universitas Gajah Mada (UGM).

    "Tentu harga rokok harus selaras dengan kemampauan daya beli masyarakat. Kalau tidak rokok ilegal akan meningkat, itu sudah ada hasil riset UGM," kata Yos.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id