Sampoerna Minimalisir Pekerja Anak di Kebun Tembakau

    Dian Ihsan Siregar - 08 September 2017 10:19 WIB
    Sampoerna Minimalisir Pekerja Anak di Kebun Tembakau
    Ilustrasi tembakau. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)
    medcom.id, Lombok: Pekerja anak di kebun tembakau daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi perhatian banyak stakeholder, mulai dari perusahaan rokok hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM).

    Salah satu produsen rokok, yakni PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) sangat memperhatikan pekerja tembakau yang berada di bawah umur. Demi menekan lonjakan angka pekerja anak, perusahaan membuat program rumah pintar.

    Menurut Manager Stakeholder Relation CSR Facilities HM Sampoerna Mahfud Syah, ‎program rumah pintar sangat efektif, sehingga anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang baik untuk mereka tumbuh berkembang.

    "Program itu sudah sejak 2016, sudah ada empat rumah pintar yang tersebar di empat desa sentra tembakau di Lombok," ujar Mahfud ditemui di Lombok Timur, seperti diberitakan Jumat 8 September 2017.

    ‎Sedangkan, Leaf Agronomy Manager HM Sampoerna Bakti Kurniawan menjelaskan, dirinya sudah melakukan evaluasi mendalam dari program Rumah Pintar tahun lalu. Dari hasil yang didapatkan, program tersebut mampu mengubah 70 persen kebiasan anak-anak pergi dan membantu orangtuanya di kebun tembakau setelah pulang sekolah.

    "Anak termotivasi dari pada ke kebun lebih baik ke Rumah Pintar bisa belajar bisa bermain," tegas Bakti.

    Program rumah Pintar dibentuk semenarik mungkin, dengan menyediakan tempat bermain anak-anak layaknya taman kanak-kanak (TK), buku bacaan, dan guru pendamping. Tujuannya, agar bisa menarik minat anak-anak petani untuk singgah dan belajar, yang akhirnya mereka mengubah kebiasaan pergi ke kebun tembakau setelah pulang sekolah.

    "Faktor penyebab banyaknya pekerja anak, bukan hanya masalah ekonomi, tapi kebiasaan. Ekonomi satu faktor, ‎makanya kami juga gunakan pendekatan ini," tutup Bakti.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id