Astra Sudah Penuhi Ketentuan Devisa Hasil Ekspor

    Annisa ayu artanti - 28 Agustus 2018 14:49 WIB
    Astra Sudah Penuhi Ketentuan Devisa Hasil Ekspor
    Astra. Dok;Astra.
    Jakarta: PT Astra Internasional Tbk mengklaim tetap menyumbang devisa meskipun perusahaan melakukan impor yang cukup besar. Devisa tersebut berasal dari ekspor bisnis otomotif perseroan.

    Presiden Direktur Astra Internasional, Prijono Sugiarto menyebutkan, dari total ekspor otomotif di Indonesia yang sekitar 231 ribu unit sebesar 80 persen berasal dari Astra. Dari kegiatan ekspor itu, profit ekspor dalam bentuk devisa sudah dikembalikan ke dalam negeri.

    "Ekspor dari otomotif Indonesia itu tahun lalu berjumlah 231 ribu unit itu 75-80 persen datang dari astra, jadi itu penyumbang devisa," kata Prijono di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018.

    Prijono menjelaskan perusahaan berkode emiten ASII telah menjalankan himbauan Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang meminta eksportir mengembalikan Devisa Hasil Ekspor (DHE) ke Tanah Air. Dia menambahkan tak hanya DHE dari sektor otomotif, DHE dari ekspor kelapa sawit dan roda dua pun sudah dikembalikan ke negara.

    "Jadi kalau kami ekspor batu bara, ekspor kendaraan bermotor, ekspor dua roda, ekspor kelapa sawit, sudah berarti kembali ke Indonesia," jelas dia.

    Intinya ia menekankan Astra tak hanya melakukan impor saja tetapi juga melakukan kegiatan ekspor yang bisa memberikan devisa kepada negara.

    "Jangan lupa kalau lihat impor, lihat juga ekspor. Impor memang masih terjadi di bisnis Astra," tutup dia.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id