comscore

Sebagian Area PIK 2 Belum Kantongi Izin Ruang Laut

Insi Nantika Jelita - 02 Maret 2022 17:38 WIB
Sebagian Area PIK 2 Belum Kantongi Izin Ruang Laut
Ilustrasi kawasan pasir putih Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 - - Foto: dok PIK
Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membeberkan sebagian area di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta, milik Agung Sedayu Group belum mengantongi izin Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL).

Melalui tinjauan lapangan, KKP melihat langsung area eksisting yang belum memiliki perizinan KKPRL di PIK 2 di antaranya area jembatan, reklamasi dan area jetty kapal pesiar.
"Setiap orang yang melakukan kegiatan pemanfaatan ruang laut di perairan pesisir atau wilayah yurisdiksi secara menetap di sebagian ruang laut wajib memiliki KKPRL," kata Plt. Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Pamuji Lestari dalam rilisnya, Rabu, 2 Maret 2022.

KKPRL merupakan persyaratan dasar yang harus dimiliki pelaku kegiatan menetap di ruang laut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Pelaksanaan KKPRL diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 28 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang Laut.

Keberadaan KKPRL dinilai penting, di antaranya untuk menghindari konflik pemanfaatan ruang laut di antara para pelaku kegiatan. Kemudian, tercapainya pemanfaatan ruang laut yang sesuai dengan rencana tata ruang laut atau rencana zonasi.

"Kegiatan dilakukan dengan cara mengidentifikasi, mencatat dan mengadministrasikan kegiatan yang memanfaatkan ruang laut secara menetap oleh perorangan atau badan usaha," ucap Lestari.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id