comscore

Erick Thohir Rombak Tata Bisnis PLN

MetroTV - 19 Januari 2022 21:06 WIB
Erick Thohir Rombak Tata Bisnis PLN
Menteri BUMN Erick Thohir. Metro TV
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan merombak ulang tata PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan membentuk holding dan subholding. PLN akan menjadi induk holding yang berfokus pada transmisi listrik dan pemasaran.

Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan, pembentukan holding dan subholding di PLN merupakan bentuk transformasi bisnis untuk mengoptimalkan bisnis berbasis kelistrikan. Erick menargetkan holding PLN akan terbentuk pada akhir 2022.

 



"Kita akan menuntaskan di akhir tahun ini. Enam bulan sebelum akhir tahun, adakan virtual holding seperti yang telah dilakukan di Pelindo dan Pertamina," ujar Erick dalam program Newsline di Metro TV, Rabu, 19 Januari 2022

Nantinya, semua pembangkit yang ada di PLN dikumpulkan dalam satu subholding.

Bukan liberalisasi sektor kelistrikan

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan langkah ini bukan bentuk liberalisasi sektor kelistrikan. Transformasi akan membuat PLN menjadi perusahaan yang lincah dan dinamis dalam menghadapi disrupsi energi di masa depan.

"Transformasi PLN bukan bentuk liberalisasi sektor kelistrikan. Di tengah tantangan adanya krisis energi, PLN harus berubah dari organisasi yang lambat menjadi energi yang lincah dan dinamis," ucap Darmawan.

Pembentukan holding dan subholding PLN dipicu krisis suplai batu bara yang dialami PLN sejak Desember 2021. PLN dituntut memperbaiki manajemen pengadaan batu bara dan juga bisnis. (Monique Handa Shafira)

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id