Sepekan Insiden Sriwijaya Air SJ I82, Menhub Cek Kelaikudaraan Pesawat

    Insi Nantika Jelita - 17 Januari 2021 16:41 WIB
    Sepekan Insiden Sriwijaya Air SJ I82, Menhub Cek Kelaikudaraan Pesawat
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Sepekan setelah insiden jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    Ramp check menyasar pesawat Batik Air nomor registrasi PK–LBH. Budi menyebut pelaksanaan ramp check dilakukan para inspektur dari Ditjen Perhubungan Udara. Tujuannya, memastikan kelaikudaraan pesawat yang akan terbang.

    "Hari ini kita melaksanakan ramp check. Suatu proses di mana semua pesawat yang akan berjalan dilakukan pengecekan terhadap fungsi mesin hingga fungsi pergerakan. Kami pastikan seluruh pesawat yang akan take off di semua bandara di Indonesia telah memiliki kualifikasi laik," ujar Budi, dikutip dari Mediaindonesia.com, Minggu, 17 Januari 2021.

    Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan kegiatan ramp check mencakup pengecekan seluruh aspek. Mulai dari badan pesawat hingga dokumen terkait pesawat.

    "Kita tadi langsung on site mengecek pesawat Batik Air. Kita cek log book, cek fisiknya, cek pilotnya, cek personelnya. Kemudian catatan apa yang ada di history dalam pesawat. Ini semua untuk memastikan jaminan keselamatan. Bahwa semuanya berjalan sebagaimana mestinya," papar Novie.

    Menurutnya, semua hal terkait dengan komponen pesawat harus sesuai standar yang ditetapkan pabrik dan pemerintah. Novie menegaskan jika dalam kegiatan ramp check ditemukan hal yang tidak sesuai ketentuan, pesawat tidak akan diizinkan berangkat.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id