Gandeng Microsoft, Pertamina Perkuat Digitalisasi

    Annisa ayu artanti - 09 Januari 2021 17:00 WIB
    Gandeng Microsoft, Pertamina Perkuat Digitalisasi
    Ilustrasi Gedung PT Pertamina (Persero) - - Foto: Setkab
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) menggandeng Microsoft dalam rangka mewujudkan inovasi, efisiensi, keamanan data operasional perusahaan dari hulu hingga hilir. Keduanya telah melakukan penandatanganan pokok-pokok kesepakatan atau HoA (Head of Agreement).

    Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan pihaknya terus melakukan langkah dan terobosan bisnis sebagai perusahaan energi global. Melalui kesepakatan ini, perusahaan migas pelat merah itu mempercepat transformasi digital.

    "Pandemi covid-19 telah menggeser perilaku konsumen dan semua lini bisnis. Situasi ini telah mengeksplorasi proses digitalisasi untuk semua informasi dan teknologi komunikasi," kata Nicke dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 9 Januari 2021.

    Nicke menjelaskan keduanya akan melakukan berbagai aspek, di antaranya horizontal digital transformation dan solution real time. Contohnya, solusi Predictive Maintenance di Upstream dan Refinery agar dapat menghitung ketidaknormalan di fase awal, sehingga pemeliharaan bisa segera dilakukan untuk meningkatkan keandalan dan produksi.

    “Ada juga real time monitoring ship movement. Teknologi dihadirkan untuk memaksimalkan waktu pengiriman. Ini yang dilakukan pada digitalisasi SPBU yang telah rampung di mana potensi penerapan artificial intelligence dapat membantu memahami pelanggan lebih baik dan berinovasi untuk meningkatkan layanan kami. Juga dapat digunakan untuk memonitor semua level dan target dari distribusi BBM bersubsidi,” tuturnya.

    Ketiga, digital integration yang nantinya dapat mengimplementasikan pusat data dan modernisasi aplikasi dengan meringkas big data di setiap proses bisnis.

    "Di era yang serba cepat seperti sekarang, ini menjadi kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan sebuah perusahaan. Dan saya percaya, bahwa kolaborasi ini dapat memberikan dampak yang positif, tak hanya untuk dua perusahaan terkait, tapi juga untuk Indonesia untuk mencapai ketahanan energi nasional,” tambah dia.

    Sementara itu, Director Microsoft Indonesia Haris Izmee menjelaskan HoA memberikan pondasi strategis bagi Microsoft untuk membantu mewujudkan visi Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia, serta membangun ketahanan ekonomi Indonesia.

    "Kami berkomitmen atas kerja sama ini, dan memastikan dukungan penuh dari organisasi kami,” kata Haris Izmee.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id