Diguyur Insentif Covid-19 Rp3,5 Triliun, KAI Penyintas Tangguh

    Suci Sedya Utami - 01 Desember 2020 09:46 WIB
    Diguyur Insentif Covid-19 Rp3,5 Triliun, KAI Penyintas Tangguh
    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI secara resmi menerima investasi dari pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp3,5 triliun. Foto : KAI.
    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI secara resmi menerima investasi dari pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp3,5 triliun.

    Investasi ini secara resmi diberikan kepada KAI dengan dilaksanakannya penandatanganan perjanjian pelaksanaan investasi pemerintah dalam rangka program PEN kepada KAI oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, 30 November 2020.

    Sementara itu Didiek mengatakan dukungan pendanaan dalam rangka program PEN ini bertujuan untuk mendukung likuiditas dan solvabilitas KAI, khususnya digunakan untuk operasional KAI akibat terdampak pandemi covid-19.

    "Kami harap Investasi ini dapat mendukung kebutuhan operational cash flow kami, sehingga KAI dapat melayani kebutuhan transportasi masyarakat dan menjaga keberlangsungan perusahaan dalam menjalankan industri perkeretaapian di Indonesia," kata Didiek.

    Didiek menegaskan pihaknya berkomitmen menggunakan dana investasi untuk keperluan sebagaimana dimaksud dalam perjanjian dengan menerapkan Good Corporate Governance (GCG). Dana tersebut nantiya akan dipergunakan sebagai pemenuhan arus kas operasional.

    "Semoga covid-19 segera berlalu dan perekonomian Indonesia dapat pulih seperti sedia kala. Selain itu kami berharap sektor perkeretaapian dapat kembali beroperasi normal seperti kondisi yang sebelumnya. Dengan demikian diharapkan dapat berdampak positif terhadap kinerja operasional dan keuangan KAI," harap Didiek.

    Isa mengapresiasi KAI sebagai penyintas yang tangguh. Menurut Isa, KAI telah melakukan manajemen krisis yang baik di masa penanganan dan pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19.

    "Pemberian investasi ini insyaallah akan kita lakukan dengan tata kelola yang baik dengan kesungguhan dan niat baik, agar dapat memberikan yang terbaik pula untuk negara kita ini," kata Isa.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id