Pelaku Usaha di Jatim Protes Ketersediaan Gula Rafinasi Langka

    Eko Nordiansyah - 07 April 2021 17:26 WIB
    Pelaku Usaha di Jatim Protes Ketersediaan Gula Rafinasi Langka
    Ilustrasi stok gula rafinasi untuk kebutuhan industri. Foto: Antara/ M Adimaja



    Jakarta: Pelaku usaha di Jawa Timur mengaku kesulitan untuk mendapatkan pasokan gula rafinasi. Permasalahan ini dipicu penerbitan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Industri Gula dalam rangka Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional.

    Ketua Asosiasi Pesantren Entrepreneur Indonesia (APEI) KH Muhammad Zakki mendesak agar Permenperin Nomor 3 Tahun 2021 ini bisa dicabut. Menurut dia, keberadaan aturan ini justru merugikan para pelaku usaha di industri makanan dan minuman (mamin), khususnya yang ada di Jawa Timur.






    "Ini berdampak pada usaha kecil menengah, UMKM sudah mulai pada runtuh. Tidak hanya itu saja, industri makanan dan minuman yang ada di Jawa Timur hampir semuanya mengalami kesulitan untuk supply," kata dia dalam webinar di Jakarta, Rabu, 7 April 2021.

    Zakki menilai penerbitan aturan Permenperin Nomor 3 Tahun 2021 ini terkesan dipaksakan. Menurutnya, aturan ini dinilai bertentangan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, sebab industri gula merupakan sektor yang terbuka bagi masuknya investasi.

    Tak hanya itu, ia menyebut, Permenperin ini dikhawatirkan menimbulkan ketidakadilan bagi pelaku UMKM maupun industri. Bahkan Permenperin juga membatasi industri lokal untuk berkembang, bukan melahirkan praktik-praktik yang justru bisa menimbulkan persaingan tidak sehat.

    "Ini persoalan yang menurut saya menjadi pemicu awal kenapa kegaduhan supply gula rafinasi di Jawa Timur ini langka, bahkan tidak ada gula rafinasi sehingga menyebabkan multiplier effect. Menurut saya persoalan penting yang harus ditelisik bersama-sama," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id