Perhotelan di Jakarta Dapat Anggaran Stimulus Rp511 Miliar

    Ilham wibowo - 15 Oktober 2020 17:49 WIB
    Perhotelan di Jakarta Dapat Anggaran Stimulus Rp511 Miliar
    Ilustrasi hotel. Foto: Medcom.id/Pytag Kurniawati
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menyalurkan stimulus untuk mendorong industri perhotelan dan restoran kembali pulih setelah terdampak pandemi covid-19. Alokasi anggaran Rp511 miliar rencananya akan dimanfaatkan hingga akhir 2020.

    Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Gumilar Ekalaya mengatakan bahwa dana hibah tersebut merupakan program Kementerian Pariwisata untuk dikelola Pemda. Sebanyak 70 persen di antaranya bakal dialokasikan untuk bantuan langsung pelaku usaha dan sisanya untuk penanganan dampak ekonomi dan sosial sektor pariwisata.

    "Stimulus untuk hotel sudah ada, Jakarta mendapat Rp511 miliar yang harus kita serap sampai Desember 2020," kata Gumilar dalam webinar MICE & Tourism Indonesia Pasca Pandemi, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Menurut Gumilar, pihaknya telah melakukan kajian agar bisa kembali membuka aktivitas Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) yang jumlahnya cukup besar di Jakarta. Secara bertahap, fasilitas lain yang ada perhotelan bisa kembalikan difungsikan untuk kembali manarik wisatawan dengan protokol kesehatan.

    "Kondisi saat ini untuk event MICE di hotel silahkan saja mengajukan persetujuan teknis melalui Dinas Pariwisata. Tim kami akan lakukan review melakukan pengecekan protokol kesehatan, kalau bagus kami izinkan beroperasi," paparnya.

    Ia memastikan bahwa aktivitas penunjang pariwisata di DKI Jakarta bisa kembali beraktivitas dengan pembatasan terukur. Izin operasional sementara diprioritaskan terlebih dahulu mempertimbangkan tingkat keamanan penularan wabah.

    "Diskotek dan karaoke kami belum berani buka, karena agak sulit menemukan protokol kesehatan seperti apa," ujarnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id