PLN Rogoh Rp130 Miliar Hadirkan Listrik di 19 Desa di Jambi

    Suci Sedya Utami - 02 Mei 2021 09:36 WIB
     PLN Rogoh Rp130 Miliar Hadirkan Listrik di 19 Desa di Jambi
    PLN. Foto : PLN.



    Tanjung Jabung Barat: PT PLN (Persero) menghadirkan listrik di 19 desa yang tersebar di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Dengan nilai investasi Rp130 miliar, sebanyak 7.723 kepala keluarga (KK) kini dapat menikmati listrik.

    Desa-desa yang berhasil dilistriki tersebut tersebar di tiga kecamatan antara lain Desa Lumahan, Margo Rukun, Kempas Jaya dan Sungai Kayu Aro di Kecamatan Senyerang. Desa Mekar Jati, Pasar Senen, Sungai Jering, Sungai Pampang, Parit Sindang, Sungai Serindit, Sungai Raya di Kecamatan Pengabuan. Desa Teluk Pulai Raya, Kuala Kahar, Harapan Jaya, Mekar Alam, Tungkal IV, Kuala Baru, Muara Seberang dan Kelurahan Tungkal V di Kecamatan Seberang Kota.






    General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB), Bambang Dwiyanto mengatakan upaya PLN dalam mewujudkan impian masyarakat di 19 desa ini didukung oleh berbagai pihak.

    Ia bilang dalam merampungkan pembangunan jaringan listrik menuju ke 19 Desa tersebut, PLN melibatkan sinergitas berbagai unit kerja PLN yang saling bahu membahu dan bekerja keras meski berada ditengah situasi pandemi.

    “Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan turut melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk terus bahu membahu dan bergotong royong guna merampungkan percepatan pembangunan jaringan," kata Bambang dalam keterangan resmi, Minggu, 2 Mei 2021.

    Lurah Tungkal V, Effendi mengatakan dengan hadirnya listrik 24 jam kali ini membuat ramadan 2021 terasa berbeda. Ia bilang kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan terutama pada malam hari akan lebih nyaman dan aman dengan adanya lampu penerangan.

    “Biasanya dulu anak-anak kalau ingin pergi mengaji pasti membawa minyak tanah satu botol. Nah, minyak itu digunakan untuk lampu penerangan ketika anak-anak mengaji. Tentunya ini suatu rahmat bagi kami dengan adanya PLN hidup hari ini, kedepan tidak lagi anak-anak membawa minyak tanah itu,” ujar Effendi.

    Senada, Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat mengatakan jibaku PLN membuahkan hasil. Listrik yang selama ini diimpikan masyarakat sejak dari zaman Belanda kini dapat dinikmati oleh warga.

    Untuk melistriki 19 Desa, PLN telah membangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 195,49 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 213,39 kms dan 124 unit Gardu Distribusi dengan total nilai investasi mencapai Rp115 miliar.

    Selain itu, PLN juga membangun dua menara transmisi bertegangan 20 kilo Volt (kV) yang menyeberangi Sungai Pengabuan dengan nilai investasi Rp15 milyar. Adapun potensi pelanggan di 19 desa ini adalah sebesar 7.723 pelanggan.

    Dengan hadirnya listrik pada 19 desa ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Jambi meningkat sebesar 2,82 persen dari 96,73 persen menjadi 99,55 persen. Khusus di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, peningkatan rasio elektrifikasi mencapai 16,42 persen dari 83,58 persen menjadi 100 persen.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id