UU Cipta Kerja Ditargetkan Mulai Berjalan Awal Februari

    Eko Nordiansyah - 24 November 2020 19:48 WIB
    UU Cipta Kerja Ditargetkan Mulai Berjalan Awal Februari
    Investasi. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Pemerintah berharap seluruh aturan pelaksana Undang-Undang (UU) Cipta Kerja bisa diselesaikan sepenuhnya pada awal Februari 2021. Artinya setelah itu, UU Cipta Kerja mulai bisa dijalankan sesuai dengan tujuannya yaitu mempermudah investasi.

    Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan ada waktu tiga bulan sejak diteken oleh Presiden Joko Widodo pada 2 November lalu. Saat ini penyusunan aturan pelaksana UU Cipta Kerja masih terus dikebut.

    "Kita berharap, nanti sebelum 1 Februari 2021, 40 RPP dan empat RPerpres sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden sehingga mulai 2 Februari 2021 kita sudah memulai era baru," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

    Ia menambahkan implementasi dari UU Cipta Kerja pada tahun depan diharapkan bisa menjadi game changer untuk memulihkan ekonomi. Disamping memang keberadaan vaksin covid-19 juga menjadi penting untuk menciptakan kepastian pada tahun depan.

    "Kita berharap mulai 2 Februari 2021 nanti seluruh perangkat regulasi terkait dengan semua sektor usaha dan ekonomi yang ada di Indonesia sudah siap berkompetisi dengan apa yang ditawarkan negara-negara lain dalam menarik investasi dan mendorong perekonomian kita," ungkapnya.

    Susiwijono menyebut saat ini sudah ada 30 draf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) maupun Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) yang telah dipublikasikan. Pemerintah terus berupaya mempercepat penyelesaian aturan pelaksana UU Cipta Kerja ini.

    Ia berharap partisipasi publik untuk memberikan masukan terkait aturan pelaksana UU Cipta Kerja ini bisa dilakukan melalui portal resmi yang telah disediakan. Selain itu, pemerintah juga akan menggelar sosialisasi untuk menyerap aspirasi dari semua pihak.

    "Mudah-mudahan di akhir minggu ini atau akhir November kita bisa sampaikan semuanya melalui portal UU Cipta Kerja. Mudah-mudahan melalui upaya ini semua aspirasi, semua masukan baik dari teman-teman pelaku usaha, masyarakat luas, akademisi praktisi dan semuanya," pungkas dia.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id