comscore

Stimulus Pemerintah Berhasil Tekan Angka Pengangguran

Annisa ayu artanti - 09 September 2021 13:26 WIB
Stimulus Pemerintah Berhasil Tekan Angka Pengangguran
Lapangan pekerjaan. Foto : Medcom.
Jakarta: Pemerintah mengeklaim stimulus-stimulus yang telah dikeluarkan di masa pandemi telah berhasil menekan angka pengangguran.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi. Dia bilang pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak terlalu berdampak pada peningkatan pengangguran secara umum.
"Langkah pemerintah dalam bentuk berbagai program bantuan atau stimulus cukup berhasil menekan angka pengangguran karena covid-19," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 September 2021.

Anwar juga menilai ledakan PHK yang kerap kali dibicarakan kurang tepat digunakan lantaran relatif kecilnya tingkat pengangguran akibat covid-19.

Pemerintah telah menerbitkan dua Permenaker, dua  Kepmenaker, dan empat Surat Edaran untuk mengantisipasi PHK di era pandemi.

Sesuai regulasi tersebut, dari sisi pengupahan pemerintah juga telah memberikan panduan dalam pelaksanaan pengupahan bagi perusahaan yang terdampak pandemi covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan usaha, agar tetap dapat memenuhi hak-hak pekerja atau buruh.

"Dalam menjalankan program Bantuan Subsidi Gaji/Upah Tahun 2020 dan 2021, menyesuaikan besaran pembayaran upah pekerja dan buruh berdasarkan kesepakatan pengusaha dan pekerja," ucapnya.

Mengenai dampak PPKM terhadap jumlah pengangguran, lanjut Anwar, hal tersebut diindikasikan dari data sebelumnya yakni pengangguran karena covid-19.

Anwar juga menyampaikan, dari sisi pasar kerja saat ini telah terjadi perubahan pada pencarian lapangan kerja. Masyarakat lebih banyak mencari kerja pada bidang digital. Kendati demikian angka tersebut belum terlalu besar untuk mencerminkan perubahan pola pencarian lapangan kerja.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id