Erick: 90% Bisnis BUMN Terdampak Covid-19

    Suci Sedya Utami - 21 Mei 2020 09:23 WIB
    Erick: 90% Bisnis BUMN Terdampak Covid-19
    Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/Ramdani
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan 90 persen bisnis perusahaan pelat merah terdampak pandemi covid-19 yang terjadi secara global. Ketika pandemi ini berakhir diharapkan semua perusahaan BUMN yang terdampak bisa segera mencari solusi untuk kembali bertenaga penuh.

    "Dengan kondisi saat ini, 90 persen juga perusahaan terkena (imbas dari covid-19)," kata Erick, dalam sesi webinar yang ditayangkan di akun youtube resmi Medcom.id, Rabu, 20 Mei 2020.

    Banyak perusahaan BUMN yang tergerus bisnisnya dan berdampak pada sisi pendapatan. Misalnya saja yang paling terdampak yakni PT Garuda Indonesia (Persero). Garuda merupakan salah satu maskapai yang terdampak penurunan bisnis. Seperti diketahui, industri penerbangan menjadi yang paling utama terketan akibat pandemi.

    Sebab, banyak penerbangan yang terpaksa tidak beroperasi karena sepi penumpang dan dampak pembatasan sosial. Hal ini tentu membuat pendapatan maskapai pelat merah itu tergerus. Di sisi lain, Garuda memiliki kewajiban utang jatuh tempo sebesar USD500 juta pada Juni ini.

    Garuda pun meminta perpanjangan waktu pelunasan trust certificates Garuda Indonesia Global Sukuk Limited. Mantan Presiden klub sepakbola asal Italia, Inter Milan, ini berharap setelah pandemi berakhir, Garuda harus mencari terobosan untuk terbang ke tujuan yang sudah ada kelonggaran.

    Erick menambahkan perusahaan yang tidak terkena dampak yakni hanya PT Telkom Indonesia, kemudian industri di sektor kesehatan yang memang sangat dibutuhkan dalam situasi saat ini.
     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id