KAI Permudah Layanan Penumpang di Tengah Pandemi Korona

    Suci Sedya Utami - 21 Maret 2020 13:31 WIB
    KAI Permudah Layanan Penumpang di Tengah Pandemi Korona
    Ilustrasi - - Foto: dok KAI
    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberi kemudahan bagi para pelanggan dengan menggunakan berbagai fitur di aplikasi KAI Access. Layanan tiket kereta secara online ini diluncurkan di tengah penyebaran wabah covid-19.

    Layanan ini memungkinkan calon pengguna kereta api memesan tiket kapanpun dan di manapun tanpa harus antre di loket stasiun. Untuk melakukan pemesanan, calon penumpang perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi KAI Access yang sudah tersedia di Google Play ataupun Appstore. Setelah mengunduh aplikasi KAI Access, daftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut.

    Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan salah satu fitur dapat memudahkan penggunanya melakukan cancelation dan reschedule (pembatalan dan  penjadwalan ulang). Berkat fitur ini, penumpang kereta api yang ingin mengubah jadwal dan membatalkan perjalanannya tidak perlu lagi mendatangi customer service di stasiun. Bahkan refund atau pengembalian tiket pun akan ditransfer ke rekening penumpang.

    "Fitur pembatalan dan ubah jadwal melalui KAI Access adalah salah satu kemudahan bertransaksi yang diberikan KAI. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan terlebih di masa-masa kritis seperti saat ini. Masyarakat yang hendak melakukan perubahan jadwal dan pembatalan tiket kereta api dapat melakukan di rumah tanpa pergi ke stasiun," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu, 21 Maret 2020.

    Pembatalan dapat dilakukan oleh penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.

    Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 24 jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Pembatalan tiket dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari tarif tiket kereta api luar biaya pemesanan.

    Pengembalian bea atau refund dilakukan setelah hari ke-30 hingga 45 hari kerja dan hanya melalui transfer bank. Refund dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang di-input harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id