Menperin Dorong IKM Pasarkan Produk di Marketplace

    Ilham wibowo - 09 Juli 2020 20:54 WIB
    Menperin Dorong IKM Pasarkan Produk di <i>Marketplace</i>
    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Dok. Kemenperin
    Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pihaknya terus mendorong industri kecil menengah (IKM) agar bisa memasarkan produknya secara online. Pemenuhan konsumen domestik, menurut dia, perlu diperbanyak.

    “Kami berupaya membantu produk-produk mereka bisa dipasarkan secara online dan juga membantu masyarakat bisa menemukan produk yang dibutuhkan dengan mudah di tengah kondisi pandemi saat ini,” kata kata Agus melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 9 Juli 2020.

    Beragam langka strategis telah dijalankan di antaranya menginisiasi program e-Smart IKM yang diluncurkan sejak tahun 2017 dengan tujuan memfasilitasi pelaku IKM di dalam negeri bisa memanfaatkan platform e-commerce. Selain itu, menggelar kegiatan bimbingan teknis atau pelatihan tentang pemasaran dan kemasan produk.

    “Upaya tersebut sesuai anjuran Bapak Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar semua kebutuhan lokal 100 persen bisa didapatkan atau disuplai dari industri dalam negeri,” tutur Menperin.

    Selain membantu pelaku IKM dapat bertahan menjalankan aktivitas usahanya di masa pandemi covid-19, pemerintah juga berharap produk-produk industri nasional bisa bersaing dengan produk asing. Gerakan Bangga Buatan Indonesia pun dikampanyekan agar masyarakat mengurangi produk impor.

    “Sesungguhnya sudah banyak industri kita yang menghasilkan produk berkualitas dan kompetitif. Jadi, kami bertekad untuk mendorong produsen tersebut bisa memasarkan produknya ke market Indonesia, termasuk sektor IKM masuk ke pasar e-commerce,” paparnya.

    Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih menambahkan  bahwa pihaknya juga menginisiasi kampanye Semuanya Ada Di Sini yang berlangsung pada 1-15 Juli 2020. Upaya ini untuk mengajak pelaku IKM dapat memanfaatkan
    marketplace sebagai pilihan saat ini untuk memasarkan produknya.

    “Kami terus berusaha meningkatkan kembali penjualan produk lokal dari sektor IKM nasional dengan mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia melalui program e-Smart IKM dan peluncuran kampanye Semuanya Ada di Sini,” ujarnya.

    Rangkaian kampanye tersebut akan diiringi dengan kegiatan talkshow dan sosialisasi program melalui acara Webinar yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 15 Juli 2020 melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti Blibli.com, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, IDeA, Indotrading, Imooji, ATT dan Alibaba, Bank Indonesia, BRI,  Si-Cepat, serta Dana.

    “Kami memberikan materi terkait manfaat pemasaran online ataupun pembayaran online terutama dalam masa pandemi. Penjelasan mengenai penggunaan platform online sampai bagaimana cara untuk bisa berjualan online dan memanfaatkan pembayaran online,” ungkap Gati.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id