Rudiantara Racik Obat Penangkal Virus Korona

    Annisa ayu artanti - 16 Mei 2020 12:15 WIB
    Rudiantara Racik Obat Penangkal Virus Korona
    Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara - - Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sedang menggeluti kegiatan baru. Ia bersama rekan di Kabinet Kerja tengah mengembangkan penelitian mengenai obat virus korona (covid-19).

    "Kami sedang proses di rumah sakit di Indonesia, kandidat obat Covid-19," katanya dalam diskusi virtual Katadata, Sabtu, 16 Mei 2020.

    Rudi mengatakan pengembangan obat tersebut dilakukan karena belum ada satu pun penawar covid-19. Virus korona baru akan menghilang setelah ditemukan vaksin.

    Adapun obat yang diracik Rudiantara sejenis peningkat imunitas. Dengan meminumnya, diharapkan bisa kebal terhadap covid-19.

    Rencananya, obat tersebut akan dijual bebas di toko-toko obat sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat. Obat tersebut juga diproyeksikan dapat dibeli tanpa melalui resep dokter.

    "Selalu ada kemungkinan orang terserang virus korona. Jadi kami upayakan secepatnya obat covid-19," beber dia.

    Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengizinkan Amerika Serikat (AS) mengembangkan remdesivir sebagai obat covid-19 (korona). Sejumlah negara sudah memesan dan menggunakan obat tersebut untuk mengendalikan covid-19. Indonesia sendiri belum memutuskan memasukkan remdesivir sebagai obat korona.

    "Sampai saat ini belum dilakukan impor berhubung masih menunggu dari Kementerian Kesehatan dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), apakah obat tersebut akan dimasukkan sebagai treatment covid-19 di Indonesia," kata Head of Corcomm Bio Farma Iwan Setiawan kepada Medcom.id, Jumat, 8 Mei 2020.  



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id