Stok Gula di Pasar Aman, Minimarket Kosong

    Suci Sedya Utami - 14 Maret 2020 17:12 WIB
    Stok Gula di Pasar Aman, Minimarket Kosong
    Ilustrasi gula - - Foto: MI/ Susanto
    Jakarta: Stok gula pasir di pasar tradisional masih aman dibandingkan stok di sejumlah minimarket atau pasar swalayan.

    Salah seorang pedagang di pasar tradisional Ciledug, Tangerang, Samsul, mengatakan stok gula di pasar tersebut aman. "Stok gula ada kok," kata Samsul pada Medcom.id, di Pasar Tradisional Ciledug, Tangerang, Sabtu, 14 Maret 2020.

    Ia bilang kelangkaan terjadi di pasar-pasar non tradisional seperti supermarket atau minimarket. Sebab, gula yang dijual di pasar tradisional merupakan gula curah, sedangkan di supermarket adalah gula kemasan.


    Namun demikian, harga gula curah itu mengalami kenaikan. Samsul menyebut harga gula saat ini mencapai Rp16 ribu per kilogram. Sebelumnya harga jual gula di tokonya hanya Rp13 ribu pe kilogram.

    Sementara itu, sebuah minimarket yang berada tidak jauh dari pasar Ciledug justru mengalami kelangkaan gula kemasan. Stok gula di minimarket tersebut kosong atau habis.

    Petugas Minimarket Riki mengatakan dalam beberapa hari terakhir stok gula memang sedang kosong. Hal ini juga disebabkan oleh aksi panic buying akan pandemik korona.

    Saat ini, minimarket sudah membatasi pembelian gula oleh konsumen. Satu konsumen hanya bisa membeli dua kemasan dengan berat satu kilogram.

    "Gula di Indomart dibatasin satu konsumen dua. Soalnya misalkan pas ada konsumen enggak tanggung-tanggung ambil 10-15 bungkus. Makanya dari pihak kami ngebatesin biar kebagian semua," kata Riki.

    Namun demikian, harga jual gula kemasan di minimarket tersebut tidak mengalami kenaikan. Per bungkusnya masih dihargai Rp12.500.

    Sementara itu, harga bahan pokok lainnya seperti beras dan telur baik di pasar maupun di minimarket masih aman.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id