Pandemi Covid-19 Memaksa Percepatan Transformasi Digital

    Eko Nordiansyah - 12 Agustus 2020 12:45 WIB
    Pandemi Covid-19 Memaksa Percepatan Transformasi Digital
    Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara - - Foto: Antara
    Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan pandemi covid-19 memaksa semua pihak untuk mempercepat transformasi digital. Meski sebelum pandemi, pemerintah tengah berupaya mewujudkan transformasi digital.

    "Dengan covid kita dipaksa, dengan topik pagi ini, transformasi digital bukan pilihan tapi keharusan. Kita agak terpaksa ini jadi keharusan, tapi keharusan bukan dalam konteks negatif," katanya dalam webinar di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020.

    Menurut Suahasil, transformasi digital akan mendorong perbaikan reformasi dan tata kelola khususnya di pemerintahan. Misalnya pelaksanaan work from home (WF) sejak Maret di Kementerian Keuangan memberikan pandangan baru dalam proses menelurkan kebijakan.
     
    Hal ini dibuktikan melalui perumusan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 yang dilakukan secara virtual oleh berbagai pihak di kementerian/lembaga.

    "Bu Menkeu, saya, eselon I dan eselon II dan III semuanya bekerja dari rumah masing-masing. Staf yang ke kantor pun relatif sedikit tapi Perppu bisa dirumuskan dan diskusikan dengan virtual meeting, kemudian jadi undang-undang," ungkapnya.

    Di sisi lain, penerapan WFH tetap berjalan efektif karena memanfaatkan layanan digital. Pemanfaatan teknologi secara maksimal dapat menjaga kinerja dari pegawai pemerintahan.

    "Ternyata sebagian besar staf kita merasa bahwa mereka fit dengan model bekerja yang baru ini. 90 persen pegawai Kemenkeu mengaku bahwa pekerjaan mereka bisa selesai karena online, 86 persen pegawai merasa bahwa kerja lewat online tetap efektif," pungkas dia. 


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id