30 Juta Vaksin Covid-19 Siap di Kuartal IV-2020

    Eko Nordiansyah - 15 September 2020 10:54 WIB
    30 Juta Vaksin Covid-19 Siap di Kuartal IV-2020
    Ilustrasi vaksin covid-19. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sebanyak 30 juta vaksin covid-19 akan siap digunakan pada akhir tahun ini. Menurut dia, ketersediaan vaksin ini baru sebagian dari kebutuhan yang mencapai 300 juta vaksin.

    "Akses vaksin diperoleh 250 juta sampai 300 juta. Sekarang 30 juta sudah komitmen untuk bisa diberikan di kuartal IV," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 15 September 2020.

    Selanjutnya, Airlangga berharap pada kuartal I tahun depan proses vaksinasi bisa mulai dilakukan. Namun, semua tergantung hasil dari uji klinis yang saat ini sedang dilakukan terhadap sejumlah vaksin covid-19 yang ada.

    Menurut dia, pemerintah tak hanya mengandalkan produksi dalam negeri untuk memperoleh vaksin covid-19. Pasalnya sejumlah negara juga melakukan uji klinis atas vaksin yang diproduksinya, sehingga diharapkan bisa selesai Desember 2020 ini.

    "Ada AstraZeneca, GAVI (Global Alliance for Vaccines and Immunization), CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovation). Ini adalah kegiatan multilateral berbagai lembaga dan negara untuk dapat vaksin sebagai public services," jelas dia.

    Sementara di Indonesia, pengembangan vaksin Merah Putih diharapkan bisa menambah ketersediaan vaksin covid-19. Ia berharap vaksin dari perusahaan di dalam negeri ini bisa diproduksi secara massal pada pertengahan tahun depan.

    "Pengembangan vaksin Merah Putih diharapkan masuk dalam fase ketiga dan pertengahan atau kuartal III di 2021. Ini berbagai vaksin jenis imunisasi berbeda. Ada yang satu kali dan dua kali. Sinovac dua kali, Cinovam satu kali. Tentu berbeda metode dan harga," pungkasnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id