Wamendag Dukung Langkah Hippindo Vaksinasi UMKM dan Pedagang

    Husen Miftahudin - 01 Agustus 2021 16:00 WIB
    Wamendag Dukung Langkah Hippindo Vaksinasi UMKM dan Pedagang
    Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendukung langkah Hippindo meningkatkan target vaksinasi nasional. Foto: dok. Kemendag



    Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendukung langkah Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) meningkatkan target vaksinasi nasional. Program ini menjadi wujud nyata dan keikutsertaan stakeholder dalam mencapai kekebalan komunal (herd immunity) untuk memulihkan ekonomi masyarakat.

    "Ini adalah peran konkret para pengusaha yang menurut saya penting karena akan mendukung pencapaian herd immunity, khususnya di sektor perdagangan dan UMKM," ujar Jerry dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 1 Agustus 2021.

     



    Jerry menilai vaksinasi yang diadakan Hippindo menunjukkan sinergi pemerintah, stakeholders, dan masyarakat untuk bahu membahu mengatasi pandemi covid-19. Sinergi ini merupakan wujud dari kesepahaman bersama dan ikatan untuk saling mendukung.

    "Sebenarnya bukan masyarakat umum saja yang ingin segera bisa beraktivitas seperti biasa. Pengusaha juga, karena selama ini mereka juga berada di situasi yang tidak mudah karena pandemi. Karena itu mereka bersama pemerintah dan masyarakat punya kepentingan yang sama agar kehidupan kembali normal," tuturnya.

    Wamendag bukan hanya menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha dan UMKM, tetapi juga mendapatkan informasi dan aspirasi terkini dari para pelaku usaha. Menurut Jerry, para pelaku usaha siap memberi masukan agar kebijakan pemerintah berdampak semakin bagus bagi masyarakat.

    "Para pelaku usaha melihat ada tren bagus dari pemberlakuan PPKM darurat beberapa minggu ini, khususnya di Jabodetabek. Mereka berharap ada kebijakan-kebijakan yang berdampak serupa bagusnya untuk daerah lain. Jadi perdagangan di daerah juga bisa segera pulih," harap Jerry.

    Hippindo aktif mengadakan program vaksinasi di berbagai daerah di antaranya, Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Solo. Ketua Hippindo Budihardjo Iduansyah menyampaikan bahwa hal ini merupakan kepedulian para pelaku usaha terhadap kesehatan publik yang terdampak covid-19.

    "Dengan percepatan vaksinasi masyarakat diharapkan perdagangan bergairah kembali sehingga semua pihak bisa kembali pulih ekonominya. Begitu juga dengan teman-teman UMKM bisa kembali berproduksi dan tumbuh," ucap Budi.

    Adapun skema PPKM darurat, ditambah dengan vaksinasi massal angka penderita baru covid-19 semakin turun di Jakarta. Demikian juga dengan angka kematian yang terus turun. Artinya, bagi banyak pelaku usaha, kebijakan kesehatan pemerintah sudah berada pada jalur yang tepat sehingga diharapkan ekonomi dan perdagangan juga bisa segera pulih.

    "Stimulus-stimulus, baik yang menyasar pelaku usaha maupun yang berupaya meningkatkan daya beli masyarakat hendaknya dibarengi dengan regulasi yang makin baik. Karena itu para pelaku usaha mengharapkan turunan dari UU Cipta Kerja bisa segera diselesaikan agar memberikan kepastian hukum dan kemudahan dalam berusaha," tutup Budi.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id