Targetkan Produksi Satu Juta Barel di 2024, Pertamina Lirik Lapangan Luar Negeri

    Suci Sedya Utami - 31 Juli 2021 16:00 WIB
    Targetkan Produksi Satu Juta Barel di 2024, Pertamina Lirik Lapangan Luar Negeri
    Ilustrasi eksplorasi proyek hulu migas - - Foto: dok Pertamina



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) melalui subholding upstream atau PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menargetkan peningkatan kapasitas produksi minyak satu juta barel per hari (bph) dan gas empat miliar kaki kubik per hari (bcfd) di 2024.

    Target tersebut bahkan lebih cepat dibanding visi satu juta bph dan 12 bcfd yang dibuat pemerintah di 2030. Perseroan pun harus bekerja keras lantaran produksi minyak Pertamina hingga semester I-2021 baru mencapai 390 ribu bph dan gas 2.655 mmscfd.

     



    "Artinya masih ada gap hampir 600 ribu bph untuk minyak dan gas masih ada gap 1,4 miliar," kata Direktur Pengembangan dan Produksi PHE Taufik Adityawarman, dikutip Sabtu, 31 Juli 2021.

    Ia mengungkapkan salah satu strategi yang dilakukan perseroan untuk mengejar gap tersebut yakni dengan mengakuisisi aset atau lapangan di luar negeri.

    Hingga saat ini belum ada temuan cadangan raksasa seperti Blok Cepu untuk minyak dan Lapangan Tangguh untuk gas. Pertamina pun ikut serta dalam proses penawaran (bidding) di blok atau lapangan tersebut.

    "Berangkat dari hal itu tentunya yang jadi harapan ke depan adalah akuisisi. Ada beberapa blok untuk kita bidding," ujar Taufik.


    Hingga semester I-2021 subholding upstream telah membukukan penambahan cadangan 1P sebesar 36,3 juta barel setara minyak (mmboe) dan penambahan cadangan contingency resources 2C mencapai 37,8 mmboe.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id