Kondisi Tak Kunjung Membaik, Sentra Food Indonesia Kurangi Karyawan

    Annisa ayu artanti - 14 September 2021 14:52 WIB
    Kondisi Tak Kunjung Membaik, Sentra Food Indonesia Kurangi Karyawan
    Usaha PT Kemang Food Industries (KFI). Foto ; Kemfood.



    Jakarta: Emiten PT Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD) melakukan efisiensi karyawan entitas anak usaha PT Kemang Food Industries (KFI).

    Corporate Secretary Sentra Food Indonesia Karina Larasati mengatakan kebijakan tersebut dilakukan perseroan karena kondisi pasar yang turun drastis akibat pandemi.

     



    Pengurangan karyawan KFI dipercaya dapat menekan pengeluaran biaya. Perseroan telah menghitung penghematan yang diperoleh lebih dari Rp500 juta.

    Adapun, selama pandemi penjualan dan produksi KFI turun secara signifikan yakni hampir 50 persen. Perseroan telah mencoba bertahan lebih dari 1,5 tahun, namun kondisi tak kunjung membaik.

    "Terkait dengan itu, terhitung sejak Agustus 2021 ini, KFI telah mengurangi sekitar 117 orang pekerja termasuk merumahkan sekitar 16,9 persen pekerja dan mengurangi 16,6 persen pekerja kontrak guna menghindari pemutusan kerja massal dan menyelamatkan 292 orang lainnya yang merupakan mayoritas pekerja di KFI," jelas Karina dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, 14 September 2021.

    Adapun, pemilihan karyawan yang dirumahkan didasarkan atas evaluasi kinerja serta kebutuhan sistem dan fungsi kerja di KFI. Sehingga, lanjut Karina walaupun terjadi pengurangan tenaga kerja KFI tetap dapat beroperasi dengan baik dan mendukung kebutuhan konsumen KFI.

    "Langkah dan kebijakan efisiensi ini, walaupun tidak disetujui oleh serikat pekerja KFI adalah langkah yang tak dapat dihindari oleh KFI setelah berusaha bertahan lebih dari 1,5 tahun dan telah disetujui oleh mayoritas karyawan KFI," ujarnya.

    Ia juga menambahkan keputusan untuk melakukan efisiensi jumlah karyawan ini sudah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    "Perseroan beserta KFI sebagai entitas anak berharap perekonomian Indonesia cepat pulih dan dapat berjalan normal kembali," pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id