Garuda Masih Terus Lobi Lessor Pesawat

    Annisa ayu artanti - 17 September 2021 16:26 WIB
    Garuda Masih Terus Lobi <i>Lessor</i> Pesawat
    Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO



    Jakarta: PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) atau Garuda Indonesia hingga saat ini masih dalam proses negosiasi dengan lessor pesawat. Hal itu disampaikan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra meski Menteri BUMN Erick Thohir enggan berdebat panjang dengan lessor apabila tidak juga menemukan titik terang.  

    Irfan mengatakan hasil koordinasi dengan kuasa hukum langkah yang diambil perseroan selanjutnya adalah upaya untuk tetap restrukturisasi. "Kita sedang dalam proses negosiasi sebagai bagian dari proses restrukturisasi," kata Irfan, kepada Medcom.id, Jumat, 17 September 2021.

     



    Pada diskusi virtual, Erick mengungkapkan, beban utang maskapai pelat merah terberat terletak pada biaya sewa pesawat ke lessor. Ia mempersilakan jika pesawat harus diambil oleh lessor. Dalam catatan, sebanyak 28 persen biaya dari Garuda Indonesia ada pada lessor dan tertinggi di dunia.

    "Jadi, makanya kita sedang fokus negosiasi dengan lessor. Tapi, kami tidak mau dalam negosiasi kita dilemahkan, silakan saja ambil pesawatnya (Garuda)," ujar Erick.

    Erick mengakui masalah finansial bisnis Garuda merupakan kesalahan pihaknya. Oleh karena itu, Kementerian BUMN sebagai pemegang saham mayoritas telah menyusun agenda penyelamatan bisnis maskapai nasional itu.

    Belum lama ini, Garuda Indonesia kalah dalam kasus gugatan pembayaran sewa pesawat dengan salah satu penyewa di London Court of International Arbitration (LCIA).

    Putusan LCIA tersebut merupakan tindak lanjut dari gugatan lessor pesawat Helice Leasing S.A.S dan Atterrissage S.A.S (Goshawk) terkait dengan kewajiban pembayaran sewa pesawat perseroan yang diajukan kepada LCIA di awal 2021.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id