PLN Selesaikan Keluhan Salah Catat Tagihan Listrik hingga Rp19 Juta

    Suci Sedya Utami - 11 Agustus 2020 13:08 WIB
    PLN Selesaikan Keluhan Salah Catat Tagihan Listrik hingga Rp19 Juta
    Logo PT PLN Persero. Foto: Dok. PLN
    Jakarta: Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan sudah ada titik terang atau solusi yang diberikan oleh PT PLN (Persero) pada pelanggan 900 volt ampere (VA) yang mengalami lonjakan tagihan listrik hingga Rp19 juta.

    "Kita sudah ketemu dengan pelanggannya dan itu sudah ada solusinya, disepakati antara PLN dan pelanggan," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana dalam konferensi pers, Selasa, 11 Agustus 2020.

    Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi menjelaskan dari kesepakatan tersebut pelanggan hanya diminta untuk membayarkan kekurangan tagihan sebesar Rp1.050.542. Besaran pun dibayarkan dengan cara dicicil selama empat kali atau empat bulan. Setiap bulan sebesar Rp262.626.

    "Jadi apa yang dikeluhkan pelanggan 900 VA tagihannya Rp19 juta ini sudah di-clear-kan, sehingga pelanggan hanya membayar kurang tagihnya," kata Hendra.

    Sebelumnya, PLN kembali mendapat banyak keluhan dari pelanggan yang disampaikan melalui akun media sosial. Para pelanggan mengeluhkan mengenai tagihan listrik yang mengalami kenaikan drastis.

    Salah satunya cuitan dari pemilik akun twitter @ummudaardaa mengunggah bukti tagihan listrik mencapai Rp19,6 juta dengan penggunaan listrik berdaya 900 watt. Ia bilang normalnya tagihan hanya Rp400 ribu per bulan.

    "Semoga @pln_123 bisa jelaskan kenaikan tagihan listrik yang sudah di luar batas wajar ini, jadi sedih aja kalau ujung-ujungnya seperti kasusnya @arnoldpoernomo," cuit akun tersebut.

    Dalam cuitan selanjutnya, @ummudaardaa mengatakan keluhan tersebut telah ditindaklanjuti oleh PLN. yang menyatakan ada kesalahan pencatatan dua tahun lalu.

    "Dan jawabannya sudah saya duga salah catat dari dua tahun lalu. Jadi tetap ya kami disuruh bayar walau nyicil," tambah cuitan akun @ummudaardaa.  
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id