Peserta Kartu Prakerja Bisa Dapat Insentif Rp650 Ribu

    Eko Nordiansyah - 20 Maret 2020 13:56 WIB
    Peserta Kartu Prakerja Bisa Dapat Insentif Rp650 Ribu
    Ilustrasi - - Foto: MI/ Palce Amalo
    Jakarta: Pemerintah bakal memberi insentif sebesar Rp650 ribu bagi peserta kartu prakerja yang telah menyelesaikan pelatihannya. Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank yang telah didaftarkan saat membuat akun di website resmi kartu prakerja.

    "Peserta tetap diberi biaya transportasi yang besarnya Rp500 ribu, tiga kali dibayarkan bertahap," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 20 Maret 2020.

    Bukan hanya insentif, peserta kartu prakerja juga menerima tambahan dana setelah memberikan ulasan atas pelatihan yang sudah dijalankannya. Insentif hanya diberikan setelah peserta menuntaskan aneka pelatihan secara kumulatif.

    "Pada saat selesai pelatihan diberi kesempatan untuk mengevaluasi dalam bentu survei dan begitu dikembalikan surveinya mereka dapat lagi Rp150 ribu," jelas dia.

    Dinukil dari laman resminya, syarat untuk bisa mendaftar kartu prakerja adalah warga negara Indonesia (WNI) usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah atau kuliah. Orang yang sudah bekerja dan korban PHK juga boleh mendaftar meski program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda.

    Calon peserta yang ingin mendaftarkan diri diwajibkan untuk membuat akun kartu prakerja di website resmi hanya dengan menggunakan e-mail dan nomor ponsel aktif. Nantinya mereka akan mendapatkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.

    Setelah memiliki akun, para calon peserta bisa mendaftarkan diri melalui formulir pendaftaran, lalu mengikuti tes kemampuan dasar. Jika berhasil peserta akan mendapat notifikasi skor tesnya, namun jika tidak disetujui tinggal memilih batch atau tahap berikutnya tanpa perlu melakukan pendaftaran ulang.

    Kemudian peserta akan mendaptkan pagu bantuan biaya pelatihan yang bisa digunakan untuk pembelian pelatihan di platform digital mitra yang resmi, sebagaimana tercantum pada situs resmi. Saat ini, peserta hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagunya. 



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id