Imbas Covid-19, Pemerintah Belum Putuskan Nasib Proyek Infrastruktur

    Annisa ayu artanti - 02 April 2020 15:29 WIB
    Imbas Covid-19, Pemerintah Belum Putuskan Nasib Proyek Infrastruktur
    Ilustrasi proyek infrastruktur - - Foto :AFP
    Jakarta: Pemerintah belum memutuskan kelanjutan nasib proyek infrastruktur di tengah pandemi virus korona. Saat ini prioritas pemerintah terkait penanganan covid-19.

    Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Ridwan Djamaluddin mengatakan, belum ada keputusan mengenai proyek infrastruktur mana yang akan tetap berjalan atau ditunda sementara waktu.

    "Belum ditetapkan secara spesifik yang mana yang diteruskan, diprioritaskan, dan yang mana yang mau ditunda. Yang pasti prinsipnya, kita sekarang yang utama mau diupayakan dulu soal keselamatan," kata Ridwan dalam video konferensi di Jakarta, Kamis, 2 April 2020.

    Namun demikian, pemerintah tetap akan menjalankan proyek yang bersinggungan langsung dengan tenaga kerja asing seperti proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

    "Ini juga yang harus kita jaga," ucapnya.

    Ridwan pun meminta masyarakat tidak berprasangka negatif kepada tenaga kerja asing asal Tiongkok di proyek kereta cepat tersebut. Sebab, saat ini kondisi Tiongkok mulai membaik sejak menyebarnya wabah tersebut pada awal tahun.

    "Mereka sudah naik lagi, jadi artinya jagnan kita berpretensi negatif kalau tenaga kerja Tiongkok datang kemudian jadi membahayakan," ujarnya.

    Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan proyek-proyek infrastruktur akan tetap berjalan di tengah tantangan covid-19. Terutama proyek-proyek strategis seperti proyek kelistrikan 35 ribu megawatt.

    Ia menginginkan proyek tersebut tetap menjadi prioritas untuk dikerjakan lantaran pertumbuhan kebutuhan listrik dalam negeri. Konversi penggunaan energi fosil ke energi ramah lingkungan juga menjadi alasan pembangunan pembangkit-pembangkit listrik harus tetap dijalankan.

    "Salah satu yang tetap saya ingin jalan adalah 35 ribu megawatt," kata Erick.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id