Iuran BPJS Naik, Pemerintah Tetap Jamin Masyarakat Miskin

    Eko Nordiansyah - 14 Mei 2020 15:38 WIB
    Iuran BPJS Naik, Pemerintah Tetap Jamin Masyarakat Miskin
    Ilustrasi - - Foto: Medcom
    Jakarta: Pemerintah menjamin layanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu melalui program Jaminan Kesehatan Nasional. Penaikan iuran BPJS Kesehatan tak lantas membuat pemerintah lepas tangan tanpa terhadap masyarakat miskin.

    Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan selama ini pemerintah mengkover biaya bagi 96 juta peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dari jumlah itu, masih ditambah lagi dengan sekitar 32 juta peserta PBI oleh pemerintah daerah.

    "Kalau ada orang miskin belum masuk 96 juta, maka akan kami masukkan biaya kesehatan sepenuhnya ditanggung pemerintah," katanya dalam siaran virtual di Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.

    Ia menambahkan penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan juga untuk perbaikan BPJS Kesehatan dalam jangka panjang.

    "Kebijakan yang dibuat ini adalah untuk memberikan perlindungan kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Ini bukan hanya untuk jangka pendek tetapi juga jangka panjang, jadi jangan melihat dari sisi sempit," ungkapnya.

    Sesuai Perpres 64/2020 ini, iuran untuk peserta BPJS Kesehatan kelas I sebesar Rp150 ribu, kelas II Rp100 ribu, dan kelas III Rp42 ribu mulai 1 Juli 2020.

    Namun demikian, Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta bukan pekerja kelas III akan tetap membayar Rp25.500 selama tahun ini. Sisa selisih iuran Rp16.500 akan dibayarkan oleh pemerintah dengan total anggaran Rp3,1 triliun. 




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id