4 Sektor Potensial Pengembangan Industri Halal

    Ade Hapsari Lestarini - 14 September 2020 20:55 WIB
    4 Sektor Potensial Pengembangan Industri Halal
    Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng (tengah) saat kegiatan Fesyar secara virtual. Foto: dok BI.
    Jakarta: Indonesia memiliki empat sektor potensial sebagai sumber pengembangan industri halal nasional. Empat sektor ini yakni pertanian (integrated farming), industri makanan dan fesyen, energi terbarukan (renewable energy), dan pariwisata halal (halal tourism).

    Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng mengatakan pengembangan sektor potensial tersebut dilakukan melalui pendekatan rantai nilai halal (halal value chain), yaitu pemberdayaan dan pengembangan ekonomi syariah secara komprehensif, termasuk memperkuat digitalisasi UMKM Syariah (on boarding UMKM) untuk memperluas akses pasar dan pembuatan kanal pembayaran digital melalui QRIS atau QR Indonesian Standard.

    Sugeng menyampaikan hal itu dalam sambutan pembukaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatra di Padang, Sumatra Barat, Senin, 14 September 2020 yang dilakukan secara virtual. Gelaran FESyar Regional Sumatra ini merupakan bagian dari rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Virtual 2020 yang dibuka pada awal Agustus 2020 lalu oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, sebagai Wakil Ketua/Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Jakarta.

    Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menyampaikan bahwa ekonomi dan keuangan syariah merupakan salah satu solusi di masa pandemi covid-19, karena adanya kebutuhan akan produk halal yang higienis.

    Pemerintah provinsi Sumatra Barat telah mengeluarkan beberapa ketentuan untuk mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan syariah terutama untuk mendukung pengembangan kuliner dan wisata halal, sehingga pelaksanaan Fesyar merupakan momentum yang tepat untuk semakin memperkenalkan ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id