comscore

Pasien Omicron Membludak, PLN Jamin Keandalan Listrik di Wisma Atlet

Insi Nantika Jelita - 03 Februari 2022 16:13 WIB
Pasien Omicron Membludak, PLN Jamin Keandalan Listrik di Wisma Atlet
Ilustrasi pasien wisma Atlet Jakarta bertambah - - Foto: MI/ Adam Dwi
Jakarta: PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menjamin pasokan listrik di tengah membludaknya pasien covid-19 Omicron di Wisma Atlet. Kapasitas daya yang terpasang di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta ini mencapai 11.080.000 Volt Ampere (VA).

Terdapat tiga gardu distribusi yang memasok tujuh tower di sana. Listrik Wisma Atlet Kemayoran dipasok oleh tiga sumber dari gardu induk berbeda yang terdiri dari satu suplai utama dan dua suplai cadangan dengan kualitas listrik yang sama.  
"Kami terus mendukung upaya pemerintah dalam penanganan covid-19, tentu dalam kapasitas kami untuk menjaga keandalan pasokan listrik di fasilitas kesehatan," ucap General Manager PLN UID Jakarta Raya  Doddy B. Pangaribuan, dalam rilis resmi, Kamis, 3 Februari 2022.

Dia menerangkan, sistem kelistrikan di Wisma Atlet dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO) di sisi tegangan menengah sebagai alat untuk memindahkan pasokan listrik dari suplai utama ke suplai cadangan apabila yang utama mengalami gangguan. Secara total, sebanyak 2.356 petugas bersiaga menjaga keandalan pasokan listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya.  

Selain menyiagakan petugas, PLN UID Jakarta Raya juga menyiapkan enam unit UPS (Uninterruptible Power Supply), empat Unit Kabel Bergerak (UKB), 20 Unit Power Bank, 17 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan empat unit mobil crane dalam menjaga pasokan listrik.  

Tidak hanya rumah sakit dan rumah sakit darurat saja yang menjadi pantauan, PLN juga melakukan koordinasi meminta kepada seluruh petugas untuk mengawal pasokan listrik di pabrik oksigen. Ketersediaan oksigen menjadi penting untuk penanganan pasien covid-19 yang mengalami gangguan pernafasan.  

Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran mencatat ada penambahan pasien dengan menampung 4.970 pasien covid-19 per Rabu, 2 Februari 2022. Adapun pasien ditempatkan di dua tower di RSD Wisma Atlet yakni Tower 5 dan 6.

"Jumlahnya bertambah 156 orang dari hari kemarin. Semula 4.814 orang menjadi 4.970," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam rilis datanya kemarin.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id