comscore

Erick Thohir: InJourney Fokus Bangun Pariwisata Domestik di Tengah Pandemi

Husen Miftahudin - 13 Januari 2022 21:04 WIB
Erick Thohir: InJourney Fokus Bangun Pariwisata Domestik di Tengah Pandemi
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok BUMN
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pembentukan Holding BUMN Pariwisata dengan nama Indonesia Journey (InJourney) untuk membangun dan menciptakan potensi pariwisata domestik di tengah pandemi covid-19.

"Potensi pariwisata domestik yang potensial ini masih sangat besar, tetapi kurang terintegrasi. Karena itu kita coba mengintegrasikan semua, mulai infrastruktur dan juga kegiatan di dalamnya," ujar Erick dalam keterangan resminya, Kamis, 13 Januari 2022.
Erick mengungkapkan ekosistem pariwisata yang baru dan terintegrasi penting dalam mendongkrak kunjungan turis mancanegara yang saat pandemi anjlok hingga 75 persen. Padahal 2019 lalu atau sebelum virus korona dinyatakan masuk ke Tanah Air, jumlah turis asing mencapai 16 juta.

"Lalu, kita bandingkan dengan angka domestik turis kita yang hari ini turun kurang lebih 30 persen, angkanya 330 juta. Kalau kita bandingkan antara turis luar negeri dan dalam negeri, angka itu hanya kurang lebih 1,5 persen daripada jumlah turis domestik," paparnya.

Karena itu, pembentukan InJourney tidak hanya mengintegrasikan bandara-bandara potensial bagi turis, tetapi juga membangun aerocity yang memusatkan aktivitasnya di area sekitar bandara serta mengintegrasikan wilayah-wilayah tujuan wisata.

"Di situ kekuatan yang kita belum punya selama ini, yaitu travel plan, yang kalau kita bandingkan dengan negara lain itu sudah punya, tetapi kita belum membentuk ekosistem ini," jelasnya.

Erick menyebut InJourney merupakan megaekosistem pengelolaan pariwisata yang menggabungkan beberapa ekosistem yang sudah terbentuk di BUMN. "Seperti perbankan dengan superaplikasi yang namanya living itu. Itu bisa terintegrasi satu dengan yang lainnya. Kesempatan ini kita bisa laksanakan dan bisa kita perbaiki," tegas Erick.

Berikut anggota holding BUMN pariwisata:

  1. PT Angkasa Pura I (Persero)
  2. PT Angkasa Pura II (Persero)
  3. PT Hotel Indonesia Natour (Persero)
  4. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero)
  5. PT Sarinah (Persero)


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id