2,9 Juta Anak Muda Butuh Pekerjaan, Kebutuhan Lapangan Kerja Mendesak

    Eko Nordiansyah - 07 Oktober 2020 21:33 WIB
    2,9 Juta Anak Muda Butuh Pekerjaan, Kebutuhan Lapangan Kerja Mendesak
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan ada 2,9 juta anak muda yang membutuhkan lapangan pekerjaan baru saat ini. Kondisi ini yang menjadi landasan pemerintah membuat Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

    "Ada sekitar 2,9 juta anak muda yang butuh lapangan kerja. Apalagi di tengah pandemi covid kebutuhan lapangan kerja baru mendesak," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Menurut dia UU Cipta Kerja akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru melalui investasi. Pemerintah meyakini kemudahan berusaha yang diberikan akan mendorong investasi masuk, sehingga akhirnya ada lapangan kerja yang dibuka.

    Ia menambahkan saat ini kondisi pekerja di Indonesia didominasi 87 persennya merupakan pendidikan menengah ke bawah. Bahkan 39 persen di antaranya hanya berpendidikan Sekolah Dasar (SD), sehingga dibutuhkan peningkatan kompetensi pekerja.

    "Oleh karena itu, penting agar sektor padat karya itu bisa terbuka. Dan kita ketahui bahwa sektor terbuka, seperti digitalisasi itu membutuhkan retraining dan reskilling, sehingga itu jadi hal yang dicatat pemerintah," ungkapnya.

    Dalam UU Cipta Kerja, pemerintah juga memudahkan izin berusaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalanya UMKM dinilai bisa menjadi salah satu penyedia lapangan kerja karena jumlahnya yang mencapai 64,19 juta usaha.

    "Pemerintah juga mencatat, UMKM jumlahnya 64,19 juta. Dan dalam jumlah tersebut, lebih dari 75 persennya (bergerak) sektor informal, sehingga dengan undang-undang ini bisa transformasi dari sektor informal jadi formal," pungkas dia. 

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id