Kemenkop UKM Bikin Wadah Pengembangan Koperasi Modern

    Ilham wibowo - 08 Oktober 2020 13:55 WIB
    Kemenkop UKM Bikin Wadah Pengembangan Koperasi Modern
    UMKM. Foto : MI/Adam.
    Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM segera memfasilitasi transformasi digital agar pengelolaan koperasi modern bisa segera diimplementasikan. Wadah pengembangan koperasi pun dibuat secara online agar bebas dan mudah diakses.

    Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan rumah koperasi digital yang bisa diakses di idxcoop.kemenkopukm.go.id. Portal tersebut nantinya menjadi sarana pertukaran informasi dan pengetahuan dari pelaku koperasi sukses yang bisa ditiru koperasi lain untuk menciptakan pengelolaan modern.

    "Koperasi bisa hidup karena mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, jadi kita harus optimalkan teknologi digital ini selain karena sebuah keniscayaan dalam persaingan bisnis tapi yang penting adalah dengan digitalisasi bisa menciptakan nilai tambah bagi bisnis koperasi," kata Rully dalam sebuah diskusi virtual, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Menurut dia, upaya peningkatan daya saing koperasi harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung proses bisnisnya. Secara ekonomi, penggunaan teknologi digital bisa mendorong perluasan akses pasar sehingga produk koperasi akan semakin dikenal luas oleh masyarakat.

    "Wadah ini bisa menjadi sebuah gerakan bersama yang terus bergulir agar kedepan semakin banyak koperasi yang melek teknologi sehingga kualitas maupun kuantitas koperasi bisa semakin bertambah," ujarnya.

    Migrasi koperasi konvensional menuju transformasi digital masih butuh pendampingan intensif terutama di daerah. Kehadiran rumah digital bersama pun memudahkan fasilitator koperasi modern dalam memberikan pemahaman manfaat kecanggihan teknologi dalam proses bisnis.

    "Dalam menggunakan teknologi informasi ada banyak juga yang masih apriori. Bagi mereka teknologi itu dianggap sebagai beban secara intelektual dan ekonomi terutama untuk generasi yang sudah 60 tahunan," ungkapnya. 


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id