ASSA Bidik Sektor Penyewaan Kendaraan dan Logistik

    Antara - 06 Mei 2021 19:35 WIB
    ASSA Bidik Sektor Penyewaan Kendaraan dan Logistik
    Rental mobil. Foto : Medcom.



    Jakarta: Perusahaan layanan transportasi terintegrasi PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) membidik sektor penyewaan kendaraan sebagai bisnis utamanya seiring meningkatnya usaha logistik dan gencarnya pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

    "Peluang bisnis penyewaan mobil di sektor transportasi logistik kian cerah karena tren ekonomi Indonesia yang terus bertumbuh," kata Presiden Direktur ASSA Prodjo Sunarjanto, dikutip dari Antara, Kamis, 6 Mei 2021.

     



    Kendati masih didera pandemi covid-19, pemerintah optimis ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 akan tumbuh 6,9 hingga 7,8 persen. Selain itu, komitmen pemerintah membangun sektor infrastruktur akan berdampak secara langsung terhadap pertumbuhan pasar penyewaan kendaraan dan bisnis logistik.

    "Dengan kondisi ekonomi saat ini membuat pelaku usaha semakin efisien dan hanya fokus pada core business," ujarnya.

    Sementara itu, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk Jany Chandra mengatakan selain menyewakan mobil penumpang, perusahaan juga menyewakan mobil komersial. Alasannya, dalam lima tahun terakhir industri jasa pengiriman barang meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan e-commerce di Tanah Air yang memacu kebutuhan armada transportasi logistik juga meningkat.

    Menurut data Kementerian Keuangan, pada 2020 transaksi pembelian lewat e-commerce meningkat 18,1 persen menjadi 98,3 juta transaksi dengan nilai Rp20,7 triliun atau naik 9,9 persen.

    Saat ini ASSA memiliki armada sebanyak 26 ribu unit, di mana sebanyak 22,63 persen adalah kendaraan komersial dan 77,37 persen didominasi kendaraan penumpang. Dari total armada ASSA tersebut, sekitar 300 unit berasal dari Isuzu, didominasi oleh truk dan unit komersial seperti Isuzu Elf, MU-X, Panther, pick up turbo, dan Isuzu Traga.

    Jany menjelaskan, sejak awal beroperasi ASSA telah menggunakan kendaraan Isuzu. Perusahaan membutuhkan rekanan yang andal dalam menyediakan truk dan unit komersial lainnya.

    "Sejauh ini, Isuzu sangat mendukung operasional mereka karena memiliki jaringan bengkel yang luas dan juga layanan kunjungan servis, termasuk layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB)," ujarnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id