Mendag Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman saat Ramadan dan Idulfitri

    Annisa ayu artanti - 11 Januari 2021 14:11 WIB
    Mendag Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman saat Ramadan dan Idulfitri
    Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto: MI/Abdullah
    Jakarta: Menteri Perdagangan M Lutfi memastikan pasokan bahan pokok menjelang Ramadan dan Idulfitri 1442 H seperti gula, daging, dan beras aman. Ia mengatakan sejak dua minggu, lalu pihaknya mulai memetakan jumlah kebutuhan-kebutuhan pokok tersebut.

    "Bahan penting terutama menghadapi hari puasa H-100 dan Idulfitri H-130 kami memastikan ada. Kami pastikan bahwa barang penting seperti gula, daging, beras kami mempersiapkan untuk menghadapi hari besar tersebut," kata Lutfi pada konferensi pers Trade Outlook 2021 secara virtual, Senin, 11 Januari 2021.

    Lutfi juga menuturkan, di H-100 bulan puasa, ia sudah mengeluarkan kebijakan untuk memastikan kebutuhan-kebutuhan pokok tersedia, terutama selama Ramadan dan Idulfitri.

    Namun untuk harga, ia belum bisa memastikan dapat menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok dengan baik, sebab naik dan turunnya harga dipengaruhi mekanisme pasar.

    "Ketika harga naik itu adalah karena mekanisme pasar yang di internasional yang juga berdampak pada komoditas di Indonesia. Jadi ketika harga menguat yang naik itu bukan hanya yang kita impor, tapi juga komoditas yang kita ekspor," jelasnya.

    Ia pun kembali menegaskan secara ekspansif Kementerian Perdagangan sudah mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan pokok tersebut khususnya menjelang hari besar.

    "Saya ingin pastikan bahwa Kementerian Perdagangan akan memulai secara ekspansif dalam menghadapi Ramadan dan Idulfitri," pungkasnya.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id