Demplot Pertanian Dipercaya Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional

    M Sholahadhin Azhar - 12 April 2021 22:18 WIB
    Demplot Pertanian Dipercaya Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional
    Ilustrasi pertanian. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman



    Jakarta: Demonstration plot (demplot) pertanian dipercaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. Hal tersebut yang menginisiasi program Demplot Dambaan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

    "Demplot ini merupakan dukungan Petrokimia Gresik agar sumbangsih pertanian di Gresik untuk ketahanan pangan nasional semakin optimal," kata Direktur Operasi dan Produksi (DOP) Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih, melalui keterangan tertulis, Senin, 12 April 2021.






    Data Badan Pusat Statistik (BPS) membeberkan Kabupaten Gresik memiliki 64 hektare lahan tanaman padi dengan produktivitas beras 264 ribu ton per tahun. Hal tersebut membuktikan wilayah itu memiliki potensi agraria. 

    Salah satu desa yang disasar program tersebut, yakni Desa Sumengko, Kecamatan Duduksampeyan. Digna menjelaskan pihaknya menggunakan pupuk Phonska OCA untuk program itu.

    Baca: Cara Pemerintah Jaga Stok Pangan saat Ramadan

    Menurut dia, inisiasi demplot pertanian yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Gresik dan Kodim 0817 memberikan dampak berkelanjutan bagi petani. Gresik, kata dia, sedianya dikenal sebagai kota industri.

    "Tapi, peranan sektor pertanian dalam pencapaian swasembada pangan juga cukup besar," ujar Digna.

    Dia menjelaskan demplot atau metode penyuluhan pertanian menjadi unsur penting menguatkan ketahanan pangan.Hal ini penting di tengah pandemi covid-19.

    Sebanyak 21 titik pertanian di 15 kecamatan menjadi pusat penyuluhan. Total luas lahan yang digarap mencapai 10,5 hektare dan melibatkan 20 penyuluh, 21 kelompok petani, dan didampingi koramil serta babinsa.

    “Dalam hal ini, Petrokimia Gresik memberikan bantuan berupa benih, serta pendampingan teknologi pemupukan dan kawalan pestisida,” ujar Digna.

    Melalui program tersebut, pihaknya juga memperkebalkan pupuk organik cair Phonska OCA. Pupuk ini merupakan nutrisi tambahan yang mampu meningkatkan hasil hingga 60 persen, bergantung pada jenis komoditas.

    Digna mengatakan program Demplot Dambaan merupakan bagian dari Agro Solution yang digagas holding BUMN Pupuk Indonesia. Program tersebut merupakan pendampingan pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

    "Program ini juga menjadi upaya pemulihan perekonomian nasional di tengah wabah covid-19,” kata dia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id