Antam Bakal Dirikan Anak Usaha Khusus Bisnis Logam Mulia

    Suci Sedya Utami - 22 Oktober 2020 21:36 WIB
    Antam Bakal Dirikan Anak Usaha Khusus Bisnis Logam Mulia
    Antam berencana membentuk anak usaha khusus untuk mengelola bisnis retail emas batangan atau logam mulia. Foto: Dok.MI
    Jakarta: PT Aneka Tambang (Persero) atau Antam berencana membentuk anak usaha khusus untuk mengelola bisnis retail emas batangan atau logam mulia.

    General Manager Unit Geomin dan Technology Development Antam Tri Hartono mengatakan saat ini rencana tersebut tengah dibahas oleh tim transformasi emas di Antam.

    "Logam mulia harus lebih fleksibel ke depan, didorong lebih mandiri jadi anak perusahaan tersendiri. Sekarang ada tim transformasi emas di Antam," kata Tri dalam workshop industri pertambangan, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Menurut Tri pembentukan anak usaha ini sangat potensial mengingat pasar logam mulia sedang berkembang saat ini. Hal tersebut bisa dilihat harga dari harga jual emas batangan yang telah menembus di atas Rp1 juta per gram.

    Selama ini, logam mulia juga menjadi salah satu produk unggulan dalam dalam meraup pendapatan. Di periode semester I, emas menjadi kontributor terbesar, yakni mencapai Rp6,41 triliun atau 69 persen terhadap pendapatan total Antam.

    Bahkan data kuartal III secara kumulatif, penjualan emas Antam tercatat sebesar 14.882 kg (478.467 t oz). Secara triwulanan, penjualan emas tumbuh hingga 147 persen didorong oleh tumbuhnya tingkat kesadaran masyarakat atas investasi emas, seiring dengan tren kenaikan harga.  

    Saat ini, retail emas Antam dikelola oleh Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM). Nantinya apabila anak usaha tersebut telah terbentuk akan didorong untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui Initial Public Offering (IPO).

    "Kami ada rencana ke depan, logam mulia kita IPO-kan. Kami kembangkan logam mulia karena kita sudah punya brand yang cukup kuat," jelas Tri.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id