Gernas BBI, BI Malang Dorong Belanja Produk UMKM Lokal

    Daviq Umar Al Faruq - 24 Maret 2021 16:25 WIB
    Gernas BBI, BI Malang Dorong Belanja Produk UMKM Lokal
    Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan A. Foto: Medcom.id/Daviq Umar.



    Malang: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang ikut menyukseskan instruksi Presiden Joko Widodo atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI). Salah satunya dengan menggelar Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri I Tahun 2021 di Hotel Santika, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 24 Maret 2021.

    Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan A mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mendorong belanja produk UMKM lokal yang didukung pula oleh 15 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di Indonesia. Tema KKI untuk 2021 ini yaitu Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata.

     



    "BI Malang turut mendukung penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia Seri I. Pelaksanaan KKI pada 2021 ini akan diselenggarakan secara berseri. Seri I diselenggarakan pada hari ini 24 Maret 2021, seri 2 dan 3 insyaallah akan diselenggarakan pada Juni dan Agustus 2021," katanya, Rabu 24 Maret 2021.

    Azka menambahkan upaya mendorong globalisasi UMKM dilakukan melalui peningkatan daya saing produk UMKM antara lain lewat kurasi, talkshow, business matching maupun kerja sama dengan investor. Mulai dari digitalisasi mewarnai berbagai program kreatif yang disusun secara terstruktur yang mengedepankan digitalisasi UMKM melalui program onboarding, serta perluasan penggunaan QRIS merchant/UMKM.

    "Di era pandemi ini, sinergitas antar lembaga merupakan hal yang penting dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dan nasional, khususnya dalam pengembangan sektor UMKM yang memiliki andil cukup besar terhadap perekonomian Indonesia," bebernya.

    BI Malang berharap event KKI ini dapat mendorong peningkatan kredit perbankan untuk penyaluran UMKM, melihat besarnya peluang pengembangan UMKM. Sebab, berdasarkan data penyaluran kredit UMKM pada Februari 2021 di wilayah kerja BI Malang mengalami peningkatan, sebesar 5,64 persen.

    "Tentunya dalam mendorong penyaluran kredit perbankan ini diperlukan sinergi yang baik dari lembaga keuangan maupun UMKM," imbuhnya.

    Event KKI ini diselenggarakan Display Produk dari UMKM Binaan dan Mitra dari seluruh wilayah kerja BI Malang, capacity building, business matching, serta kurasi produk UMKM. Produk UMKM yang akan ditampilkan yaitu batik, kerajinan, kopi serta makanan olahan. Produk UMKM yang akan ditampilkan yaitu batik, kerajinan, kopi serta makanan dan minuman olahan dengan peserta.

    Antara lain, Batik Anjani Kota Batu, Batik Antique Kota Malang, Batik Druju Kabupaten Malang, Batik Pandan Arum Kabupaten Malang, Batik Bimbing Kota Malang, Batik Prabulinggih Kota Probolinggo, Griya Madukara Kota Malang, Dinara Klompen Kota Malang, Eva Unique Kota Malang, Kopi Ledug Kabupaten Pasuruan, Kopi Sumadi Kabupaten Pasuruan, Kopi Margading Kabupaten Malang, Kopi Amadanom Kabupaten Malang, Gapoktan Mitra Arjuna Kota Batu, Andamel Mulyo Kota Batu, Sambal Mamani Kota Malang, Mangathat Kota Malang, dan Beras Lumpang Berlian Kabupaten Malang.

    Selanjutnya, kegiatan capacity building diselenggarakan secara Hybrid dalam KKI 2021 dengan tema Suistanable Fashion, Pentingnya Prospek Produk Halal di Indonesia serta sosialiasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Untuk kegiatan Business Matching KPw BI Malang bekerja sama dengan Dekranasda, Malang Strudel, PT BNI (Persero) KC Universitas Brawijaya Malang, serta PT BSI KCP Pasar Besar Kota Malang. Sedangkan kurasi produk UMKM dilaksanakan oleh Dekranasda, Indonesian Fashion Chamber (IFC) Malang dan Toko Malang Strudel.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id