Petani Didorong Tak Bergantung pada Pupuk Bersubsidi

    M Sholahadhin Azhar - 07 Maret 2021 01:52 WIB
    Petani Didorong Tak Bergantung pada Pupuk Bersubsidi
    Ilustrasi. MI Amiruddin Abdullah Reubee



    Jakarta: Penggunaan pupuk non-subsidi yang tepat dinilai mampu meningkatkan produksi petani. Petani diedukasi supaya tak bergantung pada pupuk bersubsidi.

    "Pupuk non-subsidi dengan komposisi yang tepat mampu meningkatkan produktivitas sekaligus kesejahteraan petani," kata Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih melalui keterangan tertulis, Sabtu, 6 Maret 2021.






    Edukasi itu diberikan melalui kolaborasi antara Petrokimia Gresik dengan 47 petani di Gresik melalui program agro solution.

    Sebagai bagian dari holding Pupuk Indonesia, pihaknya bakal menggarap 16.000 hektare lahan. Bersamaan dengan itu, Petrokimia Gresik juga menyediakan 4.800 ton pupuk NPK non-subsidi dan 3.200 ton Urea non-subsidi.

    Hingga 28 Februari 2021, lahan yang digarap mencapai 2.629,86 hektare. Penanaman itu dimulai dari lahan seluas 108 hektare di Desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan tanaman jagung pada 9 Januari 2021.

    "Tujuan program Agro Solution ini adalah peningkatan produktivitas hasil pertanian," ujar Digna.

    Menurut dia, pendampingan akan dilakukan intensif bagi petani mulai hulu hingga hilir. Dengan demikian, program tersebut mampu menguatkan kedaulatan pangan di tengah pandemi.

    "Kami meyakini melalui program ini kami akan menjadi market leader dan dominant player di sektor agroindustri," ujar dia.

    Baca: Legislator: Kenaikan HET Pupuk Subsidi Harus Diikuti Jaminan Ketersediaan

    Komisaris PT Srikandi Kriya Madani, Suprapedi, sebagai salah satu mitra, menyebut program itu sesuai instruksi Presiden Joko Widodo terkait produktivitas pertanian. Program tersebut diyakini bisa menjadi role model.

    "Program ini harus dipercepat sehingga semakin banyak petani yang akan merasakan manfaatnya," kata dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id