Hasil Investigasi Ombudsman RI terhadap Kebakaran Tangki di Kilang Balongan Pertamina

    Suci Sedya Utami - 14 April 2021 15:21 WIB
    Hasil Investigasi Ombudsman RI terhadap Kebakaran Tangki di Kilang Balongan Pertamina
    Kepulan asap hitam dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan - - Foto: Antara/ Dedhez Anggara



    Jakarta: Ombudsman RI mengungkap kebakaran dan ledakan yang terjadi di salah satu tangki area Kilang Balongan, Indramayu menewaskan dua orang. Data ini didapatkan setelah melakukan investigasi lapangan dan permintaan keterangan pada PT Pertamina (Persero) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI).

    Anggota Ombudsman Hery Susato mengatakan korban jiwa tersebut yakni satu warga yang terpental saat berada di sekitar area kilang, serta satu warga lainnya mengalami shock mendengar dentuman dan diduga memiliki penyakit jantung.






    "Ada warga yang melewati kilang saat itu langsung terpental, itu yang meninggal dunia dirawat di RSPP. Satu lagi karena efek keterkejutan. Informasi yang meninggal, ada dua orang yang kami dapat," kata Hery dalam konferensi pers, Rabu, 14 April 2021.

    Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu mencatat terdapat 895 jiwa dari 353 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban.

    Jumlah tersebut terdiri dari 446 perempuan dan 449 laki-laki yang berasal dari empat desa di Indramayu yakni Desa Balongan, Desa Sukaurip, Desa Majakerta dan Desa Tegalurung.

    Selain itu, 35 orang mengalami luka di antaranya 25 luka ringan, empat orang dirawat di RSP Balongan, dan enam orang di RSPP.

    Adapun total rumah yang dilaporkan rusak mencapai 2.788 rumah, yang telah diverifikasi sebanyak 1.313 rumah. Kerusakan lainnya berdasarkan pemetaan yakni fasilitas umum dan tempat ibadah sebanyak 48 unit.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id