Airlangga: Industri Sawit Serap 16 Juta Tenaga Kerja

    Husen Miftahudin - 02 Desember 2020 15:31 WIB
    Airlangga: Industri Sawit Serap 16 Juta Tenaga Kerja
    Ilustrasi perkebunan sawit. Foto: MI/Gino
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan industri minyak kelapa sawit berperan besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Industri ini berkontribusi signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.

    "Minyak sawit telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi lapangan kerja dengan lebih dari 16 juta orang dipekerjakan dan memberikan kontribusi rata-rata sekitar USD20 miliar per tahun," ucap Airlangga dalam acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2020 New Normal secara virtual, Rabu, 2 Desember 2020.

    Selama pandemi, industri minyak sawit ini bahkan terus memberikan kontribusi pada kegiatan ekonomi dengan perkembangan yang positif. Kinerja ekspornya mampu memberikan sumbangan devisa sebesar USD15 miliar hingga kuartal III-2020.

    "Industri kelapa sawit menjadi salah satu penopang bagi perekonomian Indonesia di tengah krisis akibat pandemi virus korona," paparnya.

    Airlangga mengharapkan permintaan minyak sawit pulih pada 2021 seiring dengan ekonomi yang kembali terbuka. Kondisi ini juga diharapkan mampu mendongkrak harga minyak sawit, sehingga bisa memperbaiki kinerja ekspor.

    Dia menjelaskan bahwa harga minyak sawit didukung oleh berlanjutnya kebijakan biodiesel hingga peningkatan permintaan oleh mitra dagang besar. Faktor-faktor yang mulai terlihat itu meyakinkan Airlangga terhadap kenaikan harga minyak sawit di tahun depan.

    "Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, minyak sawit diperkirakan akan mengalami sedikit peningkatan harga pada 2021 menjadi sekitar USD668 per metrik ton dari USD650 per metrik ton pada 2020," tutup Airlangga.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id