Indonesia Perlu Dorong Kemampuan SDM Hadapi industri 4.0

    Antara - 04 Oktober 2020 11:10 WIB
    Indonesia Perlu Dorong Kemampuan SDM Hadapi industri 4.0
    Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang P.S. Brodjonegoro. Foto : MI/Ramdani.
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan Indonesia masih perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya untuk dapat menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 atau ekonomi digital.

    "Dalam hal SDM, menurut saya kita membutuhkan tiga kategori kemampuan digital," kata Bambang dalam webinar mengenai implementasi Artificial Intelligence (AI) dan Industrial Internet of Things (IIoT) pada bidang industri dikutip dari Antara, Minggu, 4 Oktober 2020.

    Dalam upaya meningkatkan kemampuan SDM, Indonesia, katanya, masih membutuhkan talenta-talenta yang memiliki tiga kategori kemampuan digital yang diharapkan dapat beradaptasi dengan era revolusi industri 4.0.

    Talenta-talenta dengan tiga kriteria kemampuan digital tersebut antara lain adalah orang-orang yang memiliki keterampilan secara teknis, insinyur atau programmer dan juga enterpreneur yang dapat menguasai kemampuan di bidang teknologi atau disebut juga dengan teknopreneur.

    Talenta yang memiliki keterampilan teknis tersebut, kata dia, biasanya berasal dari sekolah pendidikan kejuruan. Namun, sayangnya, sekolah kejuruan di Indonesia, menurut dia, perlu dimodifikasi ulang sehingga mampu memenuhi kebutuhan SDM yang memiliki kemampuan digital yang memadai.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id