Jobstreet: 35% Pekerja Indonesia di PHK Akibat Pandemi

    Ilham wibowo - 07 Oktober 2020 14:03 WIB
    Jobstreet: 35% Pekerja Indonesia di PHK Akibat Pandemi
    Dampak pandemi covid-19 membuat banyak pekerja di PHK. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Tekanan ekonomi akibat pandemi covid-19 berdampak pada aktivitas ketenagakerjaan di Indonesia yang berkurang. Perusahaan yang mengalami tekanan keuangan bahkan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim mengatakan bahwa hasil survei yang dilakukan selama periode pandemi covid-19 menunjukkan jumlah pekerja terdampak wabah mencapai 54 persen. Dari angka tersebut, 35 persen di antaranya telah diberhentikan secara permanen sementara 19 persen lainnya dirumahkan sementara.

    "Diberhentikan permanen 35 persen, dirumahkan 19 persen. Valid terjadi PHK dari dunia usaha terhadap pekerja," kata Faridah dalam diskusi virtual, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Faridah merinci, pekerja yang mesti kehilangan mata pencaharian sebanyak 67 persennya berada pada rentang usia 18-24 tahun. Provinsi Bali menempati urutan pertama pengangguran baru sebanyak 79 persen, disusul Jawa Barat sebanyak 61 persen.

    Menurut sektor, dominasi karyawan terdampak yakni hospitality/catering sebanyak 85 persen. Kemudian di posisi selanjutnya sektor pariwisata/travel mencapai 82 persen.

    "Industri pakaian, garmen, tekstil juga mengalami dampak besar terhadap pemberhentian pekerja sebesar 71 persen, industri makanan dan minuman 69 persen, dan arsitektur bangunan 64 persen," paparnya.

    Dari sisi profil pekerja, lanjut dia, karyawan yang tidak bekerja penuh waktu tercatat paling terdampak sebesar 67 persen. Kemudian 74 persen pekerja yang mengalami kesulitan akibat wabah rata-rata berpenghasilan Rp2,7 juta per bulan. 

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id