Gibran Ingin Ekonomi Segera Berjalan Pascapelonggaran PPKM

    Antara - 28 Juli 2021 19:18 WIB
    Gibran Ingin Ekonomi Segera Berjalan Pascapelonggaran PPKM
    Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Foto : MI.



    Solo: Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menginginkan sektor ekonomi segera berjalan pascapelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat yang sudah dimulai sejak Senin, 26 Juli 2021.

    "Sekarang sudah mulai ada beberapa usaha PKL (pedagang kaki lima) yang buka, pasar-pasar yang sebelumnya tutup sudah mulai beraktivitas," katanya, dikutip dari Antara, Rabu, 28 Juli 2021.

     



    Terkait hal itu, ia berharap agar para pedagang maupun pembeli tetap menerapkan protokol kesehatan.

    "Jangan sampai pelonggaran SE (surat edaran tentang PPKM) justru berdampak pada kenaikan kasus covid-19 di Solo," katanya.


    Disinggung mengenai berkurangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kontribusi retribusi pasar tradisional selama Juli, dikatakannya, menjadi risiko dari pengetatan aturan untuk menekan laju kasus covid-19.

    "Ya gimana lagi, kan memang sedang pandemi. Yang jelas sampai akhir tahun kami fokus ke penanganan covid-19. Bahkan ini anggarannya (untuk penanganan covid-19) ditambah jadi Rp110 miliar," katanya.

    Sementara itu, diakuinya, pengetatan aturan selama PPKM darurat beberapa waktu lalu berdampak pada terhentinya sejumlah aktivitas ekonomi di beberapa tempat di Kota Solo.

    "Oleh karena itu, ini kami longgarkan agar ekonomi bisa segera jalan," katanya.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi mengatakan selama bulan Juli Pemerintah Kota Surakarta memutuskan untuk membebaskan retribusi pedagang yang terdampak PPKM. Akibatnya, potensi penurunan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi pasar mencapai sekitar Rp2 miliar.

    "Kami kan ditarget satu tahun Rp27 miliar (dari retribusi pasar), kalau berkurang Rp2 miliar tinggal berapa itu. Bukan hanya retribusi tetapi juga kerja sama MCK (mandi, cuci, kakus) juga minta pembebasan. Selain itu titik-titik iklan juga sepi," katanya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id