Buruh Sumbang Ribuan APD ke Rumah Sakit di Jabodetabek

    Husen Miftahudin - 02 Mei 2020 07:59 WIB
    Buruh Sumbang Ribuan APD ke Rumah Sakit di Jabodetabek
    Buruh sumbang ribuan APD ke rumah sakit di Jabodetabek. FOTO: Majelis Pekerja Buruh Indonesia
    Jakarta: Perayaan Hari Buruh atau May Day yang digelar serikat pekerja yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) pada tahun ini diperingati aksi sosial dengan membagikan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah rumah sakit. Hal ini sebagai bentuk keprihatinan para buruh karena pandemi virus korona (covid-19) di Indonesia.

    MPBI merupakan gabungan tiga konfederasi buruh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

    Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengatakan ribuan APD standar untuk tenaga medis itu dibagikan ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek. Ada tiga sasaran rumah sakit di Jabodetabek, yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat, Rumah Sakit Annisa di Cikarang, dan RSUD Balaraja di Tangerang.

    Andi Gani menyatakan para buruh sengaja tidak menggelar aksi unjuk rasa dan menggantinya dengan aksi sosial. Menurutnya aksi perayaan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ini tidak mengurangi sakralnya May Day, namun justru di satu sisi membuktikan bahwa buruh juga peduli terhadap aksi sosial.

    "Kami putuskan tidak menggelar aksi demo besar-besaran yang biasanya dilakukan di saat May Day. Untuk May Day di 2020, kami menggantinya dengan kegiatan sosial," ungkap Andi Gani usai menyerahkan APD di RSUD Balaraja, lewat keterangannya, Sabtu, 2 Mei 2020.

    MPBI juga sudah mengeluarkan surat instruksi kepada 40 federasi serikat pekerja untuk melaksanakan kegiatan sosial dalam perayaan May Day. Selain membagikan APD ke sejumlah rumah sakit, serikat buruh juga membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat yang membutuhkan.

    "Situasi bangsa sedang sangat sulit dan rakyat juga sangat sulit. Oleh karena itu, gerakan buruh berempati dengan situasi bangsa ini," ucapnya.

    Selain di Jakarta, kata Andi Gani, KSPSI Provinsi Jawa Barat juga memberikan bantuan APD baju medis sebanyak 160 pcs dan 160 pcs APD pelindung muka yang dibagikan ketiga tempat rujukan pasien covid-19, yaitu RS Al Islam Bandung, RSUD Ujung Berung, dan BPSDM Jawa Barat.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id