Harga Benih Bawang Merah di Brebes Melambung Tinggi

    Kuntoro Tayubi - 14 Mei 2020 16:39 WIB
    Harga Benih Bawang Merah di Brebes Melambung Tinggi
    Bulog jual bibit bawang merah di Pasar Bawang Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
    Brebes: Harga benih bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, mengalami kenaikan tajam. Selain mahal, bibit bawang juga susah didapatkan. Petani meminta Bulog melakukan operasi pasar untuk mengatasi kesulitan ini.

    Petani bawang, Gatan Sujiwo, 36, warga Desa/Kecamatan Larangan mengatakan harga benih bawang merah di Brebes melambung tinggi. Biasanya benih dijual dengan harga Rp25 ribu-Rp30 ribu per kg. Kini harganya mencapai lebih dari Rp50 ribu per kg.

    “Baru saja saya menawar (benih bawang merah) Rp50 ribu per kg tidak diberikan. Mintanya Rp54 ribu per kg,” kata Gatan yang juga pengurus kelompok tani Dewi Sri Desa Larangan, Kamis, 14 Mei 2020.

    Kondisi ini terjadi sejak dua pekan terakhir. Tidak hanya harga tinggi, bibit bawang merah juga sulit didapatkan. Hal ini yang membuat harga bawang merah tinggi di pasar. Akibatnya sebagian petani bawang merah memilih beralih cocok tanam ke palawija.

    Hanya petani yang menyimpan stok bibit yang saat ini bisa menanam. Namun sebagian petani kelimpungan karena kenaikan benih ini. Mereka adalah petani yang menjual semua hasil panen, sehingga ketika musim tanam tiba, mereka tidak mempunyai persediaan benih.

    Hal sama dikatakan petani lainnya, Darto Andriyanto, 48 tahun. Ia mengaku kesulitan mencari benih bawang merah. Saat panen, dia tidak menyisakan bawang untuk benih. Dia menjual semua bawang karena harganya saat itu sedang naik tinggi.

    “Mata rantai yang terlalu panjang membuat jarak harga bawang merah di tingkat petani dan konsumen sangat tinggi,” katanya.

    Melihat kondisi saat ini, ia berharap Perum Bulog melakukan operasi pasar dengan menjual bibit bawang merah harga murah. Setidaknya Rp30 ribu per kilogram.

    Menurut Darto, penjualan bawang merah dari petani ke konsumen melewati beberapa tahap. Di antaranya dari petani-penebas-pengepul-pedagang induk-pengecer-konsumen.

    Selain panjangnya mata rantai penjualan, harga benih bawang merah yang melambung juga sangat berpengaruh pada tingginya harga bawang merah sayur di pasar.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id