Keberadaan Ekosistem Logistik Nasional Bantu Pengusaha dari Ancaman Resesi

    Eko Nordiansyah - 24 September 2020 17:58 WIB
    Keberadaan Ekosistem Logistik Nasional Bantu Pengusaha dari Ancaman Resesi
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut keberadaan ekosistem logistik nasional bisa membantu para pelaku usaha. Khususnya di tengah ancaman resesi yang mungkin saja terjadi akibat pelemahan ekonomi karena pandemi covid-19.

    Menurut dia adanya ekosistem ini bisa mendukung upaya reformasi dan perbaikan sistem logistik nasional yang ada saat ini. Terlebih di tengah tantangan ekonomi akibat pandemi covid-19, sehingga diharapkan bisa mengurangi beban pelaku usaha.

    "Supaya dunia usaha bisa mendapatkan bantuan keringanan beban, karena memang semuanya dalam situasi berat menghadapi covid," kata dia dalam video conference 'Penataan Ekosistem Logistik Nasional' di Jakarta, Kamis, 24 September 2020.

    Dengan membantu meringankan beban dari dunia usaha, pemerintah berharap mereka memiliki daya tahan yang lebih kuat. Apalagi adanya ekosistem logistik nasional bisa menghemat biaya logistik yang dikeluarkan pelaku usaha sampai Rp1,5 triliun per tahunnya.

    "Target kita untuk menurunkan dari biaya logistik sampai 24 persen dari GDP menjadi 17 persen. Itu akan turun sekitar enam persen. Kalau enam persen dari GDP kita sekarang Rp15 ribu triliun, itu angkanya sangat signifikan," jelas dia.

    Ia menambahkan penurunan biaya didapat dari pengurusan masalah perizinan delivery order (DO) dan Persetujuan Pengeluaran Peti Kemas (SP2), serta proses pemesanan truk yang bisa dilakukan secara online. Kemudian pemeriksaan dokumen clearance dan barang, serta proses pengangkutan yang hanya melalui single submission.

    "Siapa yang akan menikmatinya? Ya tentu adalah dunia usaha. Karena sekarang ongkos yang mereka harus keluarkan, biaya itu jadi lebih sedikit," pungkasnya.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id