Teten Persiapkan UMKM Sambut Moto GP Indonesia

    Ilham wibowo - 09 Juli 2020 12:45 WIB
    Teten Persiapkan UMKM Sambut Moto GP Indonesia
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki . Foto : Medcom.
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan pihaknya menyiapkan program agar UMKM di Nusa Tenggara Barat (NTB) agar mengambil peluang bisnis di seri balap MotoGP Indonesia pada 2021. Kehadiran pengunjung di kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok, akan menjadi momentum yang bagus untuk pemasaran.

    "Moto GP ini saya sudah memikirkan produk apa yang bisa dijual dan momentum kita jual ke pasar global," kata Teten dalam webinar yang digelar DANA, Kamis, 9 Juli 2020.

    Pemasaran produk UMKM juga bisa lebih banyak menyasar para penggemar balap yang diperkirakan akan menetap lebih lama di sekitar fasilitas yang juga berada di kawasan pantai. Teten pun bakal menyiapkan lebih banyak anak muda di NTB agar terlebih dahulu memanfaatkan teknologi digital di pengembangan produk UMKM.

    "Nanti kami siapkan, masuk di era digital ini perlu ada komunitas anak muda," ujarnya.

    Waktu setahun jelang ajang MotoGP Indonesia digelar, Teten akan membawa lebih banyak komunitas kreatif di Pulau Jawa untuk bergerak dalam pengembangan UMKM di NTB. Para pegiat UMKM yang produknya sudah mapan itu pun bisa difungsikan mengakselerasi program pendampingan.

    "Saya akan bawa anak muda kreatif dari Bandung dan Yogyakarta, kami punya jaringan creativepreneur 50 ribu orang dengan beragam keahlian dan nanti mungkin dibuat event," ungkap Teten.

    Menurut Teten, pengembangan UMKM di NTB masuk di dalam lima destinasi prioritas. Meski program Pemerintah, kehadiran aparatur sipil negara hanya akan menjadi jembatan di pengembangan bisnis UMKM.

    "Kami pun dalam pengembangan UMKM melibatkan pada komunitas kreatif. Kalau ASN itu enggak mengerti bisnis dan kami akan libatkan komunitas bisnis dan digital," ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengharapkan sentra UMKM bergerak ke kawasan Indonesia Timur. SDM dan lahan akan disediakan untuk program pengembangan produk UMKM menyambut gelaran MotoGP Indonesia.

    "Kami siapkan SDM dan lahan Oktober tahun depan MotoGP, kalau bisa dibimbing talenta dari Jabar ini luar biasa," ucapnya.   

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id