Masyarakat Miskin Bakal Dapat BLT

    Eko Nordiansyah - 26 Maret 2020 11:49 WIB
    Masyarakat Miskin Bakal Dapat BLT
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: Pemerintah mencari berbagai cara yang mungkin dilakukan demi menjaga daya beli masyarakat di tengah wabah virus korona (covid-19). Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah bagaimana masyarakat miskin tetap bisa terjamin.

    Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan masyarakat rumah tangga termiskin menjadi salah satu kelompok yang bakal dapat stimulus dari pemerintah. Stimulus bisa diberikan melalui skema bantuan langsung tunai (BLT).

    "Masyarakat rumah tangga termiskin, 40 persen rumah tangga termiskin atau sekitar 29,3 juta dialokasikan dalam bentuk bantuan langsung tunai," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

    Dirinya menambahkan, saat ini rencana penyaluran BLT masih dibahas bersama wakil presiden dengan Kemenko Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), menteri keuangan, serta menteri sosial.

    Baca: Pemerintah Bagi BLT ke Pedagang hingga Pengemudi Ojek Online

    Saat ini dari 29,3 juta keluarga tersebut, setengahnya sudah mendapatkan bantuan pemerintah melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sedangkan sisanya, pemerintah masih harus meramu skema yang tepat agar bantuan yang diberikan bisa benar-benar menjangkau masyarakat.

    "Data valid di Kemensos adalah terkait penerima BPNT atau sering dikenal program kartu sembako, itu 15,2 juta. Sisanya 14,1 juta kita hitung lagi, sambil digulirkan (untuk yang) 15,2 juta kita kompilasi terus," jelas dia.

    Di samping itu, pemerintah juga berencana memberikan bantuan bagi kelompok terdampak covid-19 ini. Kelompok yang mayoritas berada di perkotaan yang akan mendapatkan bantuan adalah pedagang, pengemudi ojek online, hingga pekerja harian di pusat perbelanjaan.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id