Olahan Tempe Indonesia akan Laris di AS

    Ilham wibowo - 17 Juli 2020 17:30 WIB
    Olahan Tempe Indonesia akan Laris di AS
    Ilustrasi perajin tempe - - Foto: Medcom/ Bambang Mujiono
    Jakarta: Olahan tempe asal Indonesia akan laris manis di Amerika Serikat saat pandemi covid-19. Pasalnya, penjualan daging alternatif di negara Adidaya tersebut meningkat 53 persen pada periode April-Mei 2020.

    Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di New York Arifi Saiman mengatakan pandemi covid-19 memengaruhi rantai pasok daging hewan di negara itu sehingga mendongkrak produk vegetarian.

    "Alternatif meat ini salah satunya adalah tempe, mengalami kenaikan yang ajeg dan signifikan sampai proyeksi 2025," kata Arifi dalam webinar bertajuk 'Potensi Bisnis Indonesia-AS', Jumat, 17 Juli 2020.

    Menurutnya keberadaan tempe mudah ditemui di kios vegetarian AS dengan berbagai jenis olahan. Karena itu, momentum tersebut perlu disambut pelaku usaha dalam negeri dengan menggenjot ekspor tempe.

    "Ini kekuatan kita karena yang bisa buat tempe ada Indonesia. Perlu ada perhatian dari Pemerintah Indonesia, vegan grocery shop di AS tempe ada di sana dan ini potensi yang bisa kita manfaatkan, jangan sampai lepas," ungkapnya.

    Lebih lanjut, ekspor tempe bisa mendapatkan nilai tambah melalui industri food processing dan cold storage. Peluang ini sejalan dengan kebijakan Presiden AS Donald Trump yang ingin produk pertaniannya dibeli sebagai prasyarat perdagangan internasional. Misalnya memanfaatkan kedelai premium produksi petani AS untuk industri tempe dan diekspor kembali ke negara itu.

    "Kita impor kedelai untuk tempe kemudian bisa dibuat untuk keperluan burger, sosis dan produk yang mudah diolah di AS. Strategi pemenangan pasar sama dengan frozen seafood yakni dengan meningkatkan nilai tambah," pungkasnya.  


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id